Program kemitraan sekolah dalam mengembangkan keterampilan abad 21 di SD Islam Al-Muttaqin Driyorejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Rieke Regita (2020) Program kemitraan sekolah dalam mengembangkan keterampilan abad 21 di SD Islam Al-Muttaqin Driyorejo Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rieke Regita Cahyani_D93216088.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan program kemitraan sekolah yang dijalankan dalam rangka mengembangkan keterampilan abad 21 di SD Islam Al-Muttaqin Driyorejo Gresik. Fokus penelitian ini yaitu implementasi, dampak, serta faktor pendukung dan penghambat program kemitraan sekolah dalam mengembangkan keterampilan abad 21 di SD Islam Al-Muttaqin Driyorejo Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program kemitraan sekolah di SD Islam Al-Muttaqin Driyorejo Gresik merupakan jalinan kerja sama yang dilakukan oleh sekolah bersama beberapa lembaga sebagai upaya menghasilkan peserta didik yang memiliki keterampilan abad 21. Adapun lembaga-lembaga tersebut meliputi KPM (Klinik Pendidikan MIPA), Wartawan TV 9, Times Indonesia, Tribun Jatim, dan SKBSB (Sekolah Kebangsaan Bandar Sungai Buaya) Malaysia. Berdasarkan ciri pembelajaran abad 21, program kemitraan sekolah di SD Islam Al-Muttaqin Driyorejo Gresik dijalankan berdasarkan prinsip Instructional Should be Student-Centered pada pembinaan peserta didik bersama KPM, Educational Should be Collaborative pada IMERSI bersama SKBSB, dan Learning Should Have Contest pada Jurnalis Cilik bersama wartawan TV9, Tribun Jatim, dan Times Indonesia. Kemitraan sekolah yang dijalankan berbentuk communicating, volunteering, dan collaborating with community. Communicating melalui kemitraan sekolah bersama wartawan terkait penyampaian kegiatan sekolah dan perkembangan diri peserta didik. Volunteering melalui peran wartawan Wartawan TV 9, Times Indonesia, serta Tribun Jatim dalam pembekalan keterampilan peserta didik dan collaborating with community bersama KPM dalam bentuk pembinaan peserta didik dan SKBSB dalam bentuk pertukaran pelajar. (2) Program kemitraan sekolah di SD Islam Al-Muttaqin Driyorejo Gresik berdampak pada pengambangan keterampilan peserta didik terutama pada abad 21 yang memuat critical thinking, communication, collaboration, dan creativity. Output yang dihasilkan dengan adanya pengembangan keterampilan ini yaitu mendorong sekolah untuk mencetak prestasi dikancah nasional dan internasional serta dapat menerbitkan majalah sekolah ditahun 2020 sebagai hasil karya peserta didik. (3) Faktor yang mendukung berjalannya program ini meliputi sarana prasarana berupa fasilitas yang memadai, partisipasi orang tua siswa, kemauan dalam diri peserta didik, serta kemampuan yang dimiliki peserta didik. Sedangkan faktor penghambat dalam program ini meliputi sulitnya memperoleh dana sebagai penunjang kegiatan serta rasa malas dalam diri peserta didik dalam mengikuti pembinaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Rieke Regitariekergt@gmail.comD93216088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorMustofa, Aliali_mustofa76@yahoo.co.id2025127601
Subjects: Kurikulum
Manajemen Komunikasi
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Program; Kemitraan Sekolah; Keterampilan Abad 21.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rieke Regita Cahyani
Date Deposited: 10 Aug 2020 00:45
Last Modified: 10 Aug 2020 00:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42227

Actions (login required)

View Item View Item