Nilai-nilai filantropi dalam lembaga dompet dhuafa Jawa Timur perspektif utilitarianisme

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Khumrotul (2020) Nilai-nilai filantropi dalam lembaga dompet dhuafa Jawa Timur perspektif utilitarianisme. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khumrotul Afifah_E21216078.pdf

Download (1MB)

Abstract

Filantropi adalah suatu praktik kebaikan yang diberikan kepada masyarakat umum atau individu yang membutuhkan, atas dasar dari rasa kepedulian terhadap sesama tanpa mengharapkan imbalan. Gerakan filantropi ini bertujuan untuk meminimalisir atau mengurangi angka kemiskinan yang ada di Indonesia, dengan bantuan yang diberikan diharapkan angka kemiskinan di Indonesia bisa sedikit berkurang. Dari tahun ke tahun praktik filantropi semakin berkembang, dan salah satunya banyak dikembangkan oleh Lembaga Amil Zakat (LAZ). Adapun permasalahan penting yang perlu dijawab dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Dompet Dhuafa Jawa Timur sebagai lembaga filantropi mewujudkan Islam yang Rahmatan Lil Alamin?; (2) Bagaimana Utilitarianisme Dompet Dhuafa Jawa Timur sebagai lembaga filantropi Islam? Melalui penelitian ini, penulis akan mencoba untuk meneliti praktik filantropi di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Dhuafa Jawa Timur dengan menggunakan teori filsafat Utilitarianisme. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research)maka proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dengan pimpinan dari Dompet Dhuafa Jawa Timur dan orang-orang yang bersangkutan lainnya. Dari hasil wawancara kemudian diolah dengan teori Utilitarianisme sesuai dengan kebutuhan penelitian. Sehingga hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, Dompet Dhuafa Jawa Timur sebagai lembaga filantropi Islam mampu mewujudkan citra Islam yang rahmatan lil alamin melalui program-program yang ada di dalamnya, seperti CORDOFA (Corps Da’I Dompet Dhuafa). Kedua, sesuai dengan prinsip dari utilitarianisme gagasan Jeremy Bentham, bahwa utilitarianisme adalah memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan bagi sebanyak mungkin orang, hal ini sesuai dengan program yang ada di Dompet Dhuafa Jawa Timur, melalui program-program peningkatan taraf hidup bagi masyarakat dhuafa yang meliputi program pendidikan, ekonomi dan kesehatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Khumrotulafiafifi8@gmail.comE21216078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKasno, Kasno-2001125901
Thesis advisorNurhayati, Aniek-2007096902
Subjects: Filsafat > Filsafat Agama
Keywords: Dompet Dhuafa Jawa Timur; Filantropi; Utilitarianisme; Rahmatan Lil Alamin.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: KHUMROTUL AFIFAH
Date Deposited: 10 Aug 2020 10:57
Last Modified: 10 Aug 2020 10:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42231

Actions (login required)

View Item View Item