Analisis pengendalian internal terhadap piutang dagang di CV Anugrah Unika Mekanik Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozikin, Ainur (2020) Analisis pengendalian internal terhadap piutang dagang di CV Anugrah Unika Mekanik Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainur Rozikin_G02216001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada objek. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu direktur, bagian penjualan, bagian penagihan dan bagian akuntansi di CV Anugrah Unika Mekanik. Hasil Penelitian yang diperoleh adalah pengakuan piutang di CV Anugrah Unika Mekanik diakui sebesar harga pertukaran yakni diakui sebesar nilai transaksi yang terjadi. Pencatatan piutang ketika terjadinya transaksi dan dibukukan dengan metode harian. Di CV Anugrah Unika Mekanik tidak ada estimasi untuk mengukur piutang tak tertagih sehingga piutang diukur sebesar transaksi yang terjadi dan berasal dari transaksi utama perusahaan. Piutang disajikan sebesar nilai neto dari saldo piutang, dan tidak ada estimasi untuk pencadangan kerugian piutang tak tertagih. Sedangkan pada pengendalian internal pada piutang di CV Anugrah Unika Mekanik berdasarkan COSO pada bagian otorisasi transaksi pemisahan tugas masih belum sesuai dengan teori COSO karena masih adanya terangkapnya fungsi dan tanggung jawab dalam bagian penjualan dan penagihan. Kemudian pada dokumen yang memadai sudah sesuai dengan teori COSO bahwa setiap transaksi sudah terdokumentasi dengan baik. Akan tetapi pada bagian informasi internal antara bagian penagihan, akuntansi, dan keuangan masih diperlukan adanya dokumen internal yakni dokumen penerimaan pembayaran dalam bentuk hardfile dan softfile. Kemudian dalam bagian keamanan data dan file sudah berjalan sesuai dengan teori COSO karena data yang ada sudah di backup dengan baik. Penyebab adanya piutang yang belum tertagih dengan alasam ketidaktahuan manager terkait dengan beberapa invoice adalah karena adanya rangkap tugas pada bagian penagihan, kemudian seringnya penundaan pencatatan pada pelunasan piutang sehingga rekapan pelunasan sering terjadi kesalahan dalam pencatatan pembayaran piutang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozikin, Ainurarozikin49@gmail.comG02216001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLathifah, Nurulnurullathifah.febiuinsa@gmail.com198905282018012001
Subjects: Akuntansi
Keywords: Dagang; Utang piutang; teori Coso.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Ainur Rozikin
Date Deposited: 11 Aug 2020 12:06
Last Modified: 11 Aug 2020 12:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42260

Actions (login required)

View Item View Item