Urinoar dalam perspektif hadis : analisa mukhtalif al- hadith larangan buang air kecil dengan berdiri dalam musnad al- bazzar no. 2863 dan sunan al- nasa’i no. 2

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zawhaari, Akhmad Ilham (2020) Urinoar dalam perspektif hadis : analisa mukhtalif al- hadith larangan buang air kecil dengan berdiri dalam musnad al- bazzar no. 2863 dan sunan al- nasa’i no. 2. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhmad Ilham Zawhaari_E95216050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam perkembangan sekarang ini semakin banyak sarana umum yang digunakan untuk membuat praktis keperluan umum. Salah satu sarana umum adalah urinoar. Problem penggunaannya yakni posisi buang air kecil untuk menggunakan urinoar, yakni dengan berdiri. Sedangkan dalam hadis Rasulullah SAW. terdapat dua hadis yang mukhtalif yang membahas buang air kecil sambil berdiri, ada yang membolehkan ada yang tidak.Permasalahan yang dikaji adalahkualitas hadis tentangMusnad al-Bazzar no. 2863 dan Sunan al-Nasa’i no. 22, penyelesaian Mukhtalif al-Hadithantara hadis Musnad al-Bazzar no. 2863 dengan Sunan al-Nasa’i no. 22, serta tinjauan hadis terhadap urinoar. Agar kualitas hadis, penyelesaian kontradiksi kedua hadis serta relevansinya terhadap urinoar dapat diketahui. model kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan lalu menggunakan deskriptif dalam metode penelitian, sedangkan sumber data didapat dari kepustakaan dikumpulkan dengan dokumentasi dan dianalisa dengan deskriptif. Kualitas dua hadis yang mukhtalif sama-sama sahih dan kedua hadis dapat dikompromikan karena Rasulullah pernah melakukan keduanya. Dan penggunaan urinoar dapat digunakan namun dampak kesehatannya tidak baik karena posisinya sambil berdiri.Dan juga jika di rasa buang air kecil sambil berdiri lebih bersih diperbolehkan berdiri, jika dirasa duduk lebih bersih juga dilakukan sambil duduk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zawhaari, Akhmad Ilhamkangzaw098@gmail.comE95216050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Muhidmuhid@uinsby.ac.id2002106301
Thesis advisorSucipto, Muhammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Hadis
Keywords: urinoar; buang air kecil; Mukhtalif al-Hadith.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Akhmad Ilham Zawhaari
Date Deposited: 11 Aug 2020 12:20
Last Modified: 11 Aug 2020 12:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42261

Actions (login required)

View Item View Item