Peramalan jumlah penumpang kereta api di Indonesia menggunakan metode seasonal autoregressive integrated moving average

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utomo, Pramesthi (2020) Peramalan jumlah penumpang kereta api di Indonesia menggunakan metode seasonal autoregressive integrated moving average. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Pramesthi Utomo_H72216040.pdf

Download (1MB)

Abstract

Transportasi adalah elemen penting dalam suatu negara karena transportasi merupakan penunjang kehidupan ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan hingga politik. Kereta api merupakan transportasi darat yang digunakan untuk perjalanan jauh. Kereta api merupakan transportasi anti macet karena efisien dan cepat, dimana problema sampai pada hari ini adalah kemacetan terutama di kota-kota besar. Jumlah penumpang kereta api terus bertambah tiap tahunnya dan lonjakan jumlah penumpang kereta api terjadi pada libur hari natal dan tahun baru sehingga data berpola musiman. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kereta api, diperlukan adanya peramalan untuk memprediksi periode kedepan. Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average secara umum merupakan pengembangan dari metode ARIMA yaitu penggabungan antara autoregressive serta moving average, sebagai tambahannya metode ini di khususkan untuk data yang berpola seasonal, dengan demikian SARIMA adalah metode yang tepat untuk data jumlah penumpang kereta api. Tujuan dari penelitian ini adalah meramalkan jumlah penumpang kereta api di Indonesia menggunakan Metode SARIMA dan menghasilkan model terbaik yaitu (1; 1; 2)(0; 1; 1)12, dari model tersebut diperoleh prediksi jumlah keseluruhan penumpang kereta api di Indonesia pada tahun 2020 adalah 492.230.700 orang penumpang dengan nilai MSE sebesar 0,046875 dan nilai MAPE sebesar 6,26%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utomo, Pramesthipramesthiutomo@gmail.comH72216040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, Arisarisfa@uinsby.ac.id2027018701
Subjects: Matematika
Teknologi
Keywords: Transportasi; Penumpang Kereta Api; Metode seasonal; Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: pramesthi utomo
Date Deposited: 11 Aug 2020 12:14
Last Modified: 11 Aug 2020 12:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42263

Actions (login required)

View Item View Item