Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Autoplay terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadist di MAN 2 Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Affida, Laili Nur (2020) Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Autoplay terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadist di MAN 2 Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laili Nur Affida_D91216104.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Autoplay terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-quran Hadist di MAN 2 Tuban. Permasalahan yang dikaji oleh peneliti: 1) bagaimana penggunaan media pembelajaran interaktif Autoplay pada mata pelajaran Al-quran Hadist di MAN 2 Tuban; 2) bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-quran Hadist di MAN 2 Tuban 3) bagaimana pengaruh media pembelajaran interaktif Autoplay terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-quran Hadist di MAN 2 Tuban. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI MAN 2 Tuban tahun pelajaran 2019/2020. Jumlah populasinya adalah kurang lebih 300 peserta didik dengan sampel menggunakan teknik proportional random sampling sebesar 20% yaitu 60 peserta didik atau responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket (skala likert). Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penggunaan media Autoplay terdapat pada hasil 77.6%, berada pada rentang 75% - 100% yang termasuk dalam kategori sangat baik. 2) motivasi belajar siswa terdapat pada hasil 71.6% berada pada rentang 50% - 74% yang termasuk dalam kategori baik. 3) pengaruh penggunaan media Autoplay terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-quran Hadist di MAN 2 Tuban menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS for windows versi 21 diperoleh nilai diketahui bahwa nilai thitung adalah sebesar 3.123 dan dengan nilai signifikansi sebesar 0.003. jadi berdasarkan nilai signifikansi dapat disimpulkan bahwa 0.003 < 0.05 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti variabel X (Penggunaan media Autoplay) berpengaruh terhadap variabel Y (Motivasi belajar). Pengaruh variabel bebas (Penggunaan media Autoplay) terhadap variabel terikat (Motivasi belajar) adalah 14.4% dan nilai R adalah 0.379 yang memiliki arti bahwa besarnya nilai korelasi / hubungan adalah 0.379. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif Autoplay berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-quran Hadist di MAN 2 Tuban. Akan tetapi dapat diketahui bahwa penggunaan media interaktif Autoplay memiliki pengaruh yang rendah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-quran Hadist di MAN 2 Tuban karena besarnya nilai R adalah 0.379 yang berada pada rentang interpretasi koefisien korelasi 0.20 – 0.399.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Affida, Laili Nurlailinuraffida@gmail.comD91216104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, M.abuasimazz@yahoo.com2015045701
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Media
Al Qur'an
Keywords: Pengaruh; Media Autoplay; Motivasi belajar siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Laili Affida
Date Deposited: 12 Aug 2020 11:37
Last Modified: 12 Aug 2020 11:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42270

Actions (login required)

View Item View Item