Pengaruh pemberlakuan sistem kredit semester terhadap peningkatan mutu pembelajaran siswa di Madrasah Aliyah Model Zainul Hasan Genggong Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholeha, Iklimatus (2020) Pengaruh pemberlakuan sistem kredit semester terhadap peningkatan mutu pembelajaran siswa di Madrasah Aliyah Model Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iklimatus Sholeha_D03216010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam upaya mencapai tujuan Madrasah, dipengaruhi beberapa faktor tentunya dalam meningkatkan mutu pembelajaran siswa di butuhkan sistem yang lebih berinovasi dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan adanya kebijakan yang berlaku untuk MA/SMA sederajat yaitu Sistem Kredit Semester (SKS) dapat meningkatkan mutu Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan untuk mengetahui pemberlakuan sistem kredit semester di MA Model Zainul Hasan Genggong, Mutu pembelajaran di MA Model Zainul Hasan Genggong dan sejauh mana pengaruh pemberlakuan Sistem Kredit Semester terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Model Zainul Hasan Genggong. Dari hasil penelitian bahwa sistem kredit semester di MA Model Zainul Hasan Genggong sudah sesuai dengan panduan penyelenggaraan SKS yang telah di bukukan dalam BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Dalam meningkatan mutu pembelajaran siswa di MA Model Zainul Hasan Genggong menggunakan Sistem Kredit Semester sudah di katakan meningkat sesuai dengan hasil wawancara dan observasi peneliti. Sesuai dengan prinsip SKS dikatakan bahwa peserta didik menentukan sendiri beban belajar dan mata pelajaran yang diikuti setiap semester dengan kemampuan, bakat, dan minat peserta. Peserta didik yang berkemampuan tinggi dapat mempersingkat waktu penyelesain studinya dari periode belajar yang ditentukan dengan tetap memperhatukan ketuntasan belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholeha, Iklimatussholeha.iklimatus08@gmail.comD03216010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, ImamUNSPECIFIED2012085201
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Sistem kredit semester; Peningkatan mutu; Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: iklimatus sholeha
Date Deposited: 12 Aug 2020 05:51
Last Modified: 12 Aug 2020 05:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42298

Actions (login required)

View Item View Item