Hubungan antara pembacaan Surat Yasin pada Jum'at pagi dengan prestasi belajar siswa studi Al-Qur'an Hadith kelas IX di Mts Negeri Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faisol, Muhammad Malik (2020) Hubungan antara pembacaan Surat Yasin pada Jum'at pagi dengan prestasi belajar siswa studi Al-Qur'an Hadith kelas IX di Mts Negeri Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Malik Faisol_D01216022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sudah lumrah dikalangan masyarakat Nahdliyin untuk selalu rutin membaca surat Yasin, khususnya pada sebuah acara Tahlil, Haul ataupun acara keagamaan baik dikampung atau di instansi pendidiakan. Di MTs Negeri Gresik selalu rutin melakukan pembacaan surat Yasin pada hari Jum’at bersama-sama, dan diikuti oleh semua siswa dan guru yang ada disekolahan tersebut. Pada permasalahan yang akan di kaji penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana kegiatan pembacaan surat Yasin pada Hari Jum’at pagi siswa kelas IX di MTs Negeri Gresik? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada bidang studi Al-Qur’an Hadist kelas IX di MTs Negeri Gresik? (3) Bagaimana Hubungan pembacaan surat Yasin pada Jum’at pagi terhadap prestasi belajar siswa bidang studi Al-Qur’an Hadis kelas IX di MTs Negeri Gresik?. Penelitian ini di latar belakangi oleh sebuah sekolah MTs Negeri Gresik yang mengharuskan seluruh siswanya mengikuti kegiatan mengaji rutinan yang sering di sebut pembacaan surat Yasin pada Jum’at pagi. Begitu pula prestasi siswa pada bidang studi al-Qur’an Hadist yang begitu baik dan cukup tinggi, baik dalam nilai praktikum atau nilai rapor. Dengan adanya penelitian ini akan menjadikan sebuah panduan bagi pengurus dan pembina instansi pendidikan khususnya para pendidik dan guru disekolah. Data-data penelitian ini di ambil dari MTs Negeri Gresik sebagai obyek dan subyek penetian. Dalam penelitian ini penulis menggnakan instrumen angket dan wawancara untuk mengumpulkan data. Penelitian ini menggunakan penelitian luantitatif dengan variabel X dsn variabel Y yang masing-masing hanya satu variabel. Dari hasil perhitungan diatas diketahui mean variabel X adalah 39, hal tersebut termasuk pada kategori “Baik”, dari interfal yang diketahui adalah 31- 39 tergolong interval baik. Untuk variabel Y peneliti menggunakan nilai rapor, dan dari nilai rapor tersebut dapat diketahui nilai rata-rata adalah 86, dan tergolong pada kategori “Baik”. Dari interfal yng berkisaran dari 83 – 92, hal tersebut termasuk pada kategori baik. Dalam mencari hubungan antara variabel X dan variabel Y peneliti menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment, hasil perhitungan adalah 0,798 yang menunjukan adanya sebuah hubungan yang “Moderat/Sedang”. Berdasarkan dari R hitung yang di dapat, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Karna Rh 0,798 > Rt 0,393 dengan tingkat signifikansi 1%, yang berada pada interval 0,60 – 0,79 dengan tingkat hubungan yang Moderat atau sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faisol, Muhammad Malikfaisolmalikmuhammad@gmail.comD01216022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Pendidikan Islam
Al Qur'an
Keywords: Surah Yasin; Prestasi belajar; Pembacaan Yasin di Sekolah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Malik Faisol
Date Deposited: 12 Aug 2020 13:02
Last Modified: 12 Aug 2020 13:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42307

Actions (login required)

View Item View Item