Pengembangan tes diagnostik there-tier untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi geometri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaidah, Nurul Fithrotuz (2020) Pengembangan tes diagnostik there-tier untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi geometri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Fithrotuz Zaidah_D04216027.pdf

Download (1MB)

Abstract

Geometri digunakan oleh setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep geometri, sehingga dapat mempengaruhi pola pikir siswa ketika menyelesaikan permasalahan geometri. Hal ini sering mengakibatkan miskonsepsi pada siswa. Salah satu upaya untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi yakni dengan melakukan tes diagnostik three-tier. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kevalidan, reliabilitas, dan kualitas butir soal tes diagnostik pilihan ganda three-tier serta hasil tes diagnostik pilihan ganda three-tier dalam mengidentifikasi miskonsepsi pada materi geometri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan Tessmer yang terdiri dari dua tahapan yaitu tahap preliminary dan tahap formative evaluation yang meliputi self evaluation, prototyping, small group, dan field test. Subjek penelitian ini adalah 40 siswa dari kelas IX-C SMP Negeri 13 Surabaya. Data penelitian yang dikembangkan diperoleh dari lembar validasi dan tes diagnostik pilihan ganda three-tier. Data lembar validasi yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus Rata-Rata Tiap Validator (RTV) dan data tes diagnostik pilihan ganda three-tier dianalisis dengan menggunakan program SPSS Versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Terdapat 8 dari 10 butir soal yang dinyatakan memiliki kevalidan yang baik dan layak untuk diuji coba; 2) Tes diagnostik pilihan ganda three-tier yang dikembangkan dinyatakan reliabel dengan rata-rata kategori tinggi sebesar 0,641; 3) Kualitas 10 butir soal tes diagnostik pilihan ganda three-tier yang dikembangkan yang meliputi daya pembeda soal, tingkat kesukaran dan keefektifan pengecoh termasuk kategori baik, hanya butir soal nomor 3 dengan daya pembeda, tingkat kesukaran dan keefektifan pengecoh yang mempunyai kategori tidak baik, butir soal nomor 4 dan 5 dengan daya pembeda soal yang tidak baik, serta butir soal nomor 9 dan 10 dengan keefektifan pengecoh alasan yang tidak berfungsi dengan baik; 4) Secara umum siswa mengalami jenis miskonsepsi teoritikal pada indikator mendefinisikan bangun datar segiempat dan jajargenjang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaidah, Nurul Fithrotuznurulfithrotuz.06.9i@gmail.comD04216027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Geometri; Miskonsepsi; Tes Diagnostik Pilihan Ganda Three-Tier.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Fithrotuz Zaidah
Date Deposited: 16 Aug 2020 12:20
Last Modified: 16 Aug 2020 12:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42324

Actions (login required)

View Item View Item