Peningkatan motivasi belajar materi keberagaman suku bangsa dan budaya Indonesia mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui media Fun Story Pop Up pada siswa Kelas IV C MI Ma’aif Sidomukti Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiroh, Nurul Aabidatul (2020) Peningkatan motivasi belajar materi keberagaman suku bangsa dan budaya Indonesia mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui media Fun Story Pop Up pada siswa Kelas IV C MI Ma’aif Sidomukti Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Aabidatul Khoiroh_D97216119.pdf

Download (651kB)

Abstract

Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya pada materi keberagaman suku bangsa dan budaya Indonesia guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa adanya media yang mendukung, dari hasil pengamatan peneliti siswa terlihat kurang termotivasi karena merasa bosan. dari hasil angket pra siklus yang telah dibagikan kepada siswa diketahui hanya 48,38% dari 31 siswa yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menerapkan media pembelajaran Fun Sstory Pop Up untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Peneliti memilih media pembelajaran Fun story Pop Up dikarena media tersebut mampu memberikan bukti kongkrit tentang materi yang sedang dipelajari dan mampu memberikan rasa penasaran kepada siswa sehingga siswa merasa tertarik. Tujuan dilakukannya penelitian ini diantaranya: 1) mengetahui penerapan media Fun Story Pop Up pada materi keberagaman suku bangsa dan budaya Indonesia mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa Kelas IVC MI. Ma’arif Sidomukti Gresik; 2) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada materi keberagaman suku bangsa dan budaya Indonesia mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui media Fun Story Pop Up pada siswa Kelas IVC MI. Ma’arif Sidomukti Gresik. Penelitian ini menggunakan tindakan kelas model Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Sebelum diadakannya siklus peneliti mengadakan pra siklus. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang didapatkan yaitu: 1) penerapan media pembelajaran Fun Story Pop Up mampu meningkatkan aktivitas guru dan siswa. hal ini dapat dilihat pada pengamatan aktivitas guru pada siklus I sebesar 67,5% meningkat menjadi 91,25% pada siklus II, sedangkan untuk pengamatan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh presentase 65% menjadi 90% pada siklus II, termasuk kategori sangat baik; 2) peningkatan motivasi belajar siswa dari tahap pra siklus sebesar 48,38% kategori motivasi sedang mengalami peningkatan pada tahap siklus I menjadi 64,51% kategori motivasi tinggi, kemudian pada siklus II meningkat mencapai 87,09% kategori motivasi sangat tinggi. Lalu dilihat dari observasi motivasi belajar pada pra siklus sebesar 58,33(rendah) meningkat menjadi 66,67(cukup) pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi sebesar 85(sangat tinggi).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiroh, Nurul Aabidatulnurulabidatul1@gmail.comD97216119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir_uban@yahoo.com2022076802
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwe@rocketmail.com2015127201
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Motivasi; Keberagaman Suku Bangsa Dan Budaya Indonesia; Fun Story Pop Up
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Aabidatul Khoiroh
Date Deposited: 12 Aug 2020 14:35
Last Modified: 12 Aug 2020 14:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42333

Actions (login required)

View Item View Item