Kiprah Nyai Azizah Sriwedari Imam Muslimat Banyuwangi, Jawa Timur (1964-2015)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novitasari, Hotimah (2020) Kiprah Nyai Azizah Sriwedari Imam Muslimat Banyuwangi, Jawa Timur (1964-2015). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hotimah Novitasari_A92216125.pdf

Download (2MB)

Abstract

Untuk menjawab rumusan masalah di atas penulis menggunakan pendekatan dan metode sejarah (historis). Beberapa teori sejarah dan gender juga digunakan dalam karya ilmiah ini, seperti teori Nature and Nurture dalam menganalisa kiprah seorang Nyai Wedari dalam perspektif gender. Secara genealogi penulis menggunakan teori genetik, dan konsep Mubadalah sebagai proposisi dalam menganalisa data, yaitu relasi Nyai Wedari dengan masyarakat dan lingkungannya. Hasil dari analisa data dengan teori-teori sosial yang penulis gunakan adalah, (1) Kondisi perkembangan masyarakat Banyuwangi pada tahun 1960-an yaitu (masa setelah industrialisasi Hindia Belanda), meningkatnya kesejahteraan ekonomi membuat kondisi sosial masyarakat semakin kacau dan hal inilah yang membuat dakwah para ulama di Banyuwangi dimulai. Pada tahun 1960-an akhir merupakan awal dari merebahnya konsep WiD (Women In Develeopment) dan WAD (Women And Development) sehingga di Indonesia kemudian banyak program-program yang banyak melibatkan perempuan dalam proses pembangunan negara khususnya dibidang perekonomian. Muslimat salah satu organisasi masyarakat yang banyak merealisasikan program untuk perempuan pada tahun tersebut (2) Secara genealogi menunjukkan bahwa Nyai Sriwedari masih memiliki darah biru dari Bupati ke-5 Banyuwangi, Pringgoloyo merupakan adik dari Pringgokusumo, namun dengan usaha dan kiprahnya Sriwedari membuktikan bahwa lingkungan, pengalaman, dan pendidikan dapat menjadikan perempuan memiliki kesempatan untuk mewujudkan cita-citanya. (3) Kiprah yang Sriwedari lakukan selama di Banyuwangi antara lain aktif di Fatayat-Muslimat, menjadi mubalighah, ketua pusat Koperasi An Nisa. Peninggalannya dalam bidang pendidikan berupa Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU di Banyuwangi dan Yayasan Taman Kanak-kanak Al Fatimiyah Banyuwangi.

Kata Kunci : Biografi, Kiprah Azizah Sriwedari Imam, Muslimat, NU

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novitasari, Hotimahhotimahovitasari@gmail.comA92216125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochimah, Rochimahrochimahzaenal@gmail.com2004116902/196911041997032002
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Gender
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Biografi; Kiprah Azizah Sriwedari Imam; Muslimat, NU.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: hotimah novitasari
Date Deposited: 13 Aug 2020 23:38
Last Modified: 13 Aug 2020 23:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42343

Actions (login required)

View Item View Item