Efektivitas metode talaqqi dalam pembelajaran tahfizul qur'an: studi implementasi metode talaqqi dalam pembelajaran tahfiẓul qur’an di Pondok Pesantren Roudhotu Ta’limil Qur’an Miru Kedamean Gresik dan Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajriyah, Nur Lailiyatul (2020) Efektivitas metode talaqqi dalam pembelajaran tahfizul qur'an: studi implementasi metode talaqqi dalam pembelajaran tahfiẓul qur’an di Pondok Pesantren Roudhotu Ta’limil Qur’an Miru Kedamean Gresik dan Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Lailiyatul Fajriyah_F52318111.pdf

Download (2MB)

Abstract

Setiap pembelajaran pasti menggunakan sebuah teknik atau metode yang sesuai dengan sasarannya, karena metode menduduki tingkatan terpenting kedua setelah tujuan dari beberapa komponen pembelajaran. Komponen tersebut ialah tujuan, metode, materi, media dan evaluasi. Jadi metode dikatakan tepat apabila menghantarkan pada suatu tujuan yang telah ditetapkan. Seperti yang dilakukan Pondok Pesantren Roudhotu Ta’limil Qur’an Miru Kedamean Gresik dan Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang yang dalam pembelajaran tahfīẓul Qur’an menggunakan metode talaqqi. Maka dari itu, peneliti ingin meneliti lebih dalam lagi apakah metode yang mereka gunakan efektif atau tidak. Tujuan dari penelitian ini ialah 1) untuk mengetahui implementasi metode talaqqi dalam pembelajaran tahfīẓul Qur’an di pondok pesantren tersebut, 2) untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung implementasi metode talaqqi dalam pembelajaran tahfīẓul Qur’an, 3) untuk mengetahui efektivitas metode talaqqi dalam pembelajaran tahfīẓul Qur’an.
Metode penelitian yang digunakan ialah mixed mettod. Sebuah metode yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif untuk menjawab pertanyaan 1 dan 2 sedangkan kuantitatif untuk menjawab pertanyaan efektivitas. Sumber data didapat dari sumber data primer dan skunder. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket, tes. Sedangkan teknik analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi (menarik kesimpulan). Sedangkan analisis data kuantitatif menggunakan verifikasi (editing), tabulating, analiting, concloding. Hasil dari penelitian ini di Pondok Pesantren Roudhotu Ta’limil Qur’an Miru Kedamean Gresik ialah 1) implementasi metode talaqqi dalam pembelajaran tahfīẓul Qur’an terdapat tiga langkah, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi, 2) faktor penghambat dari implementasi metode talaqqi ialah a. Malas, bosan, tidak sabar, dan putus asa, b. Kurang motivasi, c. Belum bisa mengatur waktu, d. Banyak kesibukan, e. Gangguan lingkungan. Adapun faktor pendukungnya ialah: a. Faktor intelegensi, b. Faktor motivasi, c. Faktor psikologi, d. Faktor kesehatan, e. Faktor lingkungan. 3) berdasarkan hasil angket sebesar (82,05) dan hasil tes hafalan santri sebesar (84,54) menunjukkan bahwa metode talaqqi dalam pembelajaran tahfīẓul Qur’an sangat efektif digunakan di pondok pesantren ini. Adapun hasil penelitian di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang ialah: 1) implementasi metode talaqqi dalam pembelajaran tahfīẓul Qur’an terdapat tiga tahap, persiapan, pelaksanaa, dan evaluasi, 2). Faktor penghambat dari implementasi metode talaqqi ialah:a. menghafal itu sulit, b. Banyak ayat-ayat yang sama tapi tak serupa, c. Lupa, d. Banyak kesibukan, e. Belum bisa mengatur waktu, f. Gangguan lingkungan, g. Sarana kurang memadai, h. Banyak melakukan maksiat. Adapun faktor pendukungnya ialah: a. Motivasi amat tinggi, b. Mendapat dukungan dari orang tua, c. Intelegensi tinggi, d. Lingkungan yang memadai, e. Istiqomah, f. Sabar.3) berdasarkan hasil angket sebesar (85,65) dan hasil tes hafalan santri sebesar (85,94) menunjukkan bahwa metode talaqqi dalam pengembangan tahfīẓul Qur’an sangat efektif digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode talaqqi sangat efektif digunakan dalam pembelajaran tahfīẓul Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajriyah, Nur Lailiyatulnurlailiyatulf.allah@gmail.comF5231811
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhuri@mail.com2010045302
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Metode talaqqi; Pembelajaran; Tahfizul qur'an; Pondok Pesantren
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fajriyah Nur Lailiyatul
Date Deposited: 13 Aug 2020 23:03
Last Modified: 14 Aug 2020 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42347

Actions (login required)

View Item View Item