Pengaruh tradisi Ater-Ater terhadap peningkatan kualitas persaudaraan di Desa Pepelegi Kecamatan Waru: dalam tinjauan teori pertukaran sosial Peter Michael Blau

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rismawati, Azizah Desy (2020) Pengaruh tradisi Ater-Ater terhadap peningkatan kualitas persaudaraan di Desa Pepelegi Kecamatan Waru: dalam tinjauan teori pertukaran sosial Peter Michael Blau. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azizah Desy Rismawati_I03216005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengaruh tradisi ater-ater terhadap peningkatan kualitas persaudaraan di Desa Pepelegi merupakan penelitian yang bertujuan utuk menganalisa tentang hubungan tradisi ater-ater dengan peningkatan kualitas persaudaraan. Dijaman yang modern seperti sekarang ini tradisi ater-ater sudah mulai hilang, rasa persaudaraan pun mulai ada perubahan dan berkurang. Sesama saudara terkadang tidak saling mengenal satu sama lain. Tujuan dari tradisi ater-ater diantaranya untuk bersilaturahmi, belajar berkomunikasi dengan orang yang lebih tua, berbagi rejeki dan mengenal sanak saudara. Pada skripsi ini terdapat dua (2) bentuk tradisi ater-ater yang pertama tradisi munjung dan kedua tradisi tonjokan. Penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian kauntitatif dengan teknik random sampling dan menggunakan angket sebagai instrument pengumpul data. Subjek penelitian terdiri dari 390 orang yang mewakili 10 rukun warga yang berada di Desa Pepelegi. Penelitian ini menggunakan teori pertukaran sosial yang dicetuskan oleh seorang sosiolog yang berasal dari Austria bernama Peter Michael Blau. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat korelasi antara tradisi munjung, tradisi tonjokan dan kualitas persaudaraan. Dibuktikan dengan hasil hasil rxy dari masing-masing variabel diantaranya variabel X1 0,568 > 0,113, variabel X2 0,443 > 0,113 dan variabel Y 0,540 > 0,113 yang arti bahwa terdapat korelasi antara variabel X1 (tradisi munjung), variabel X2 (tradisi tonjokan), variabel Y (kualitas persaudaraan). Hasil yang diperoeh dari Rsquare adalah 34.9% yang artinya bahwa sumbangan pengaruh tradisi ater-ater yang terdapat di Desa Pepelegi sebanyak 34,9% dan 65,1% dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rismawati, Azizah Desyazizahdesyr@gmail.comI03216005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhartini, Suhartinisuhartini.rofiq@gmail.com2013015801
Subjects: Budaya - Agama
Sosiologi > Sosiologi Agama
Keywords: Tradisi Munjung; Tradisi Tonjokan; Persaudaraan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Sos Azizah Desy Rismawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 05:16
Last Modified: 13 Aug 2020 05:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42361

Actions (login required)

View Item View Item