Implementasi Media Sticker Picture dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini: studi kasus di taman kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan Tlasih Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Sri Erfianti (2020) Implementasi Media Sticker Picture dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini: studi kasus di taman kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan Tlasih Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sri Erfianti Agustina_D08216023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK Dharma Wanita Persatuan yang berada di Desa Tlasih kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo yang masih perlu untuk ditingkatkan. Pola interaksi sosial yang terjadi antara individu satu dengan yang lainnya masih kurang terutama antara siswa dengan guru seperti siswa masih takut untuk masuk kelas dan guru kurang memahami karakteristik setiap siswa sehingga guru tidak dekat dengan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media sticker picture dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK Dharma Wanita Persatuan Tlasih Sidoarjo, kemudian mengetahui proses pelaksanaan implementasi media sticker picture dalam proses pembelajaran dan kelebihan serta kelemahan dari media sticker picture. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengambilan data penelitian. Subjek dari penelitian ini yaitu seluruh siswa baik kelompok A maupun kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Tlasih Sidoarjo. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Implementasi media sticker picture di TK Dharma Wanita Persatuan Tlasih Sidoarjo sudah diterapkan selama 1 tahun sejak semester genap tahun ajaran 2018-2019 sampai sekarang dan terlaksana dengan baik dengan melihat pola interaksi sosial antar individu di sekolah yang semakin dekat. Keberhasilan dari diterapkannya media ini tidak luput dari dukungan penuh dari kepala sekolah, kreatifitas para guru serta antusiasme atau respon para siswa yang sangat luar biasa. 2) Kelebihan dari media sticker picture antara lain: repeatable , meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa, mudah dibuat dan mudah digunakan, meningkatkan interaksi sosial pada setiap individu. Sedangkan kelemahan dari media sticker picture antara lain: tidak adanya video, visual yang terbatas biaya pembuatan yang cukup mahal, mudah bosan, dan mudah rusak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, Sri Erfiantierfingusti48@gmail,comD08216023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Media
Keywords: Implementasi; media sticker picture; kecerdasan; interpersonal; anak usia dini.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: SRI ERFIANTI AGUSTINA
Date Deposited: 14 Aug 2020 00:33
Last Modified: 14 Aug 2020 00:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42368

Actions (login required)

View Item View Item