Klasifikasi rekurensi pasien kanker payudara menggunakan metode Random Forest (RF)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istammaroh, Siti Tarwiyatul Fifi (2020) Klasifikasi rekurensi pasien kanker payudara menggunakan metode Random Forest (RF). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Tarwiyatul Fifi Istammaroh_H72216045.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kanker payudara adalah tumor ganas yang berasal dari sel-sel yang terdapat pada payudara. Pengobatan kanker payudara tergantung pada besarnya ukuran dan stadium kanker. Kasus rekurensi sering terjadi walaupun pengobatan awal telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana klasifikasi pasien kanker payudara di Rumah Sakit F di Surabaya yang rekuren dan tidak rekuren berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi rekurensi kanker payudara dan mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap rekurensi kanker payudara. Rekurensi yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu kembalinya pasien kanker payudara di Rumah Sakit F di Surabaya karena penyakit yang sama. Adapun variabel yang digunakan yaitu variabel responnya adalah rekuren dan tidak rekuren, sedangkan variabel penjelasnya adalah usia, jenis pengobatan yang dijalani, status pernikahan, riwayat kanker dalam keluarga, ukuran tumor, dan stadium klinik. Metode random forest merupakan suatu algoritma yang digunakan pada klasifikasi data. Data yang digunakan yaitu data sekunder, yang diperoleh dari rekam medis pasien kanker payudara di Rumah Sakit F di Surabaya pada tahun 2017 sampai Desember 2018 dengan jumlah dan sebanyak 350 pasien. Hasil pengklasifikasian pada metode random forest adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap rekuren kanker payudara adalah variabel usia, variabel stadium klinik, ukuran tumor dan jenis pengobatan yang dijalani pasien. Akurasi yang diperoleh untuk data prediksi sebesar 51,76%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istammaroh, Siti Tarwiyatul Fifififiistammaroh@gmail.comH72216045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Wika Dianitawikadianita@gmail.com199206102018012003
Subjects: Matematika
Teknologi
Keywords: Rekurensi pasien; Kanker payudara; Metode Random Forest (RF)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Siti Tarwiyatul Fifi Istammaroh
Date Deposited: 14 Aug 2020 06:53
Last Modified: 14 Aug 2020 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42370

Actions (login required)

View Item View Item