Analisis cluster dalam pengelompokan provinsi di Indonesia berdasarkan variabel penyakit menular menggunakan metode Complete Linkage, Average Linkage dan Ward

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Veriani, Rafika (2020) Analisis cluster dalam pengelompokan provinsi di Indonesia berdasarkan variabel penyakit menular menggunakan metode Complete Linkage, Average Linkage dan Ward. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rafika Veriani_H72216064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penyakit adalah salah satu indikator dalam indeks pembangunan manusia bidang kesehatan. Mengingat bahwa pembangunan bidang kesehatan di Indonesia sedang mengalami beban ganda dimana penyakit menular masih menjadi masalah yang belum dapat diselesaikan, dan masih terdapat penyakit menular yang awalnya masih mampu dikendalikan kini muncul kembali. Hal ini seharusnya mendapatkan perhatian lebih khususnya bagi Dinas Kesehatan maupun Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengenai penyebaran penyakit menular ataupun penyakit tidak menular. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membentuk suatu pengelompokan provinsi dalam suatu kelompok yang memiliki karakteristik yang sama dengan maksud memberikan informasi terkait dengan kesehatan pada masing-masing provinsi. Pada penelitian ini bertujuan untuk membentuk suatu cluster provinsi di Indonesia berdasarkan variabel jenis penyakit menggunakan metode Complete Linkage, Average Linkage dan Ward. Ukuran jarak yang digunakan dalam penelitian ini adalah jarak Euclidean dan Squared Euclidean, dan untuk menentukan cara kerja metode yang terbaik dengan melihat dari nilai simpangan baku dalam kelompok Sw yang minimum, simpangan baku antar kelompok Sb yang maksimum, dan rasio Sw terhadap Sb yang minimum. Hasil analisis cluster yang terbaik adalah dengan metode Ward menggunakan 6 cluster dengan nilai Sw sebesar 0,18405, Sb sebesar 2,12284 serta rasio Sw terhadap Sb sebesar 0,08670.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Veriani, Rafikarafikaveriani.rv@gmail.comH72216064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.id2002119001
Subjects: Matematika
Teknologi
Keywords: Penyakit; Complete Lingkage; Avarage Lingkage; Ward; Jarak Euclidean; Squared Euclidean.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Rafika Veriani
Date Deposited: 14 Aug 2020 05:08
Last Modified: 14 Aug 2020 05:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42394

Actions (login required)

View Item View Item