Strategi Pimpinan dalam mempertahankan status akreditasi A di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mirnawati, Santi Eka (2020) Strategi Pimpinan dalam mempertahankan status akreditasi A di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Santi Eka Mirnawati_D93216091.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendapatkan gambaran mengenai strategi yang dilakukan oleh pimpinan sebagai usaha untuk mempertahankan status akreditasi A di Man 2 Tuban. Fokus penelitian ini adalah strategi apa yang digunakan oleh pimpinan, bagaimana implementasi dari strategi pimpinan untuk mempertahankan status akreditasi, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data-data yang didapatkan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Bentuk strategi yang diterapkan adalah strategi pendukung sumber daya, yang mana semua sumber daya termasuk sumber daya manusia dimanfaatkan dengan maksimal oleh pimpinan. Implementasi strategi pimpinan untuk mempertahankan status yaitu pembaharuan KTSP, kemudian membentuk tim akreditasi, tim ini dibagi masing-masing tugasnya untuk mengkoordinir 8 standar nasional pendidikan. Sementara untuk faktor pendukungnya adalah anggaran dana yang tercover dengan baik, kompetensi yang dimiliki oleh guru sehingga melahirkan siswa-siswa yang berkompeten, motivasi kerja guru yang baik, kedisiplinan siswa, ekstrakulikuler yang beragam, dan prestasi-pestasi siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pemanfaatan web yang kurang maksimal, sistem pengarsipan yang masih menggunakan sistem manual, kurang sadarnya beberapa guru untuk memperbaharui RPP.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mirnawati, Santi EkaSantieka9805@gmail.comD93216091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam-2012085201
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Strategi; Pimpinan; mempertahankan status akreditasi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Santi Eka Mirnawati
Date Deposited: 14 Aug 2020 05:54
Last Modified: 14 Aug 2020 05:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42395

Actions (login required)

View Item View Item