Efektivitas kombinasi serbuk biji Kelor (Moringa Oleifera L.) dengan serbuk biji Flamboyan (Delonix Regia R.) sebagai Koagulan alami untuk menurunkan BOD, COD, TSS dan kekeruhan pada limbah cair industri Tahu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmania, Khafidha Ayu (2020) Efektivitas kombinasi serbuk biji Kelor (Moringa Oleifera L.) dengan serbuk biji Flamboyan (Delonix Regia R.) sebagai Koagulan alami untuk menurunkan BOD, COD, TSS dan kekeruhan pada limbah cair industri Tahu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel SUrabaya.

[img] Text
Khafidha Ayu Rachmania_H75216036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembuangan limbah cair tahu ke lingkungan tanpa dilakukan pengolahan menyebabkan perubahan lingkungan secara fisik, kimia dan biologis yang dapat mengganggu keseimbangan serta mencemari lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan presentase penurunan parameter serta dosis optimum kombinasi koagulan Serbuk Biji Kelor (Moringa Oleifera L.) dengan Serbuk Biji Flamboyan (Delonix Regia R.) untuk menurunkan parameter BOD, COD, TSS dan Kekeruhan. Variasi dosis koagulan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu 0 gr, 1 gr, 2 gr, 3 gr, 4 gr dan 5 gr. Pengambilan sampel limbah cair industri tahu dilakukan di Pabrik Sumber Makmur Gresik. Karakteristik awal limbah cair industri tahu menunjukkan konsentrasi BOD, COD, TSS dan Kekeruhan yang belum memenuhi baku mutu limbah cair pada Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 72 Tahun 2013 sehingga perlu dilakukan pengolahan air limbah sebelum di buang ke badan air. Penelitian ini di lakukan dengan pengadukan cepat selama 3 menit dan pengadukan lambat selama 15 menit menggunkan magnetic stirrer. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan statistik dengan hasil akhir penurunan BOD 55.1%, COD 61%, TSS 65% dengan prsentase penurunan > 50% dan Kekeruhan 17% dengan prsentase penurunan < 50% dan hasil akhir dari uji statistik menggunakan uji kruskall wallis nilai Sig (α > 0.05) BOD .054 TSS .055 COD .055 dan Kekeruhan .215 tidak terdapat perbedaan pemberian variasi dosis koagulan untuk penurunan parameter BOD COD TSS dan Kekeruhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmania, Khafidha Ayukhafidhaa@gmail.comH75216036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAuvaria, Shinfi WaznaShinfiwaznaauvaria@gmail.com2028038601
Thesis advisorHakim, Abdulabdul.hakim@uinsby.ac.id2006088001
Subjects: Lingkungan Hidup
Teknik Lingkungan
Keywords: Koagulan alami; koagulasi-flokulasi; limbah cair industri tahu
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Khafidha ayu Rachmania
Date Deposited: 13 Aug 2020 13:25
Last Modified: 13 Aug 2020 13:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42398

Actions (login required)

View Item View Item