Membangun ekonomi kreatif masyarakat melalui pembuatan sabun mandi berbahan dasar Lidah Buaya di Dusun Dati Desa Pucuk Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Milati, Rodhi'atul (2020) Membangun ekonomi kreatif masyarakat melalui pembuatan sabun mandi berbahan dasar Lidah Buaya di Dusun Dati Desa Pucuk Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rodhi'atul Milati_B92216118.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam proses pendampingan yang dilakukan peneliti untuk mendampingi masyarakat Dusun Dati memiliki tujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui pembangunan ekonomi kreatif dari aset alam yang melimpah yakni berupa tanaman lidah buaya. Tanaman ini dapat ditemukan di pekarangan rumah masyarakat. Aset melimpah yang dimiliki masyarakat belum dimanfaatkan secara maksimal. Melalui riset aksi menggunakan metode Aset Based Community (ABCD), peneliti mencoba membangun ekonomi kreatif masyarakat. Penelitian ini mempunyai tujuan yakni memanfaatkan tanaman lidah buaya yang selama ini tidak dapat termanfaatkan dengan baik. Pada penelitian ini memiliki subjek yakni anggota arisan Ibu-ibu di Dusun Dati Desa Pucuk. Skripsi ini menggunakan metode Aset Based Community (ABCD). Pada pendekatan ABCD memiliki keutamaan pada keberadaan atau kepemilikan aset yang dimiliki. Lokasi pendampingan yang dilakukan yakni di Dusun Dati Desa Pucuk. Strategi yang digunakan peneliti dalam mengembangkan aset alam berupa tanaman lidah buaya yakni dengan cara membangun ekonomi kreatif masyarakat melalui pembuatan sabun mandi berbahan lidah buaya. Kegiatan pembuatan sabun mandi lidah buaya tersebut didukung oleh adanya pelatihan manajemen usaha bersama atau terciptanya home industri serta adanya praktik pemasaran. Perubahan sosial yang terjadi setelah adanya pendampingan ini yakni sadarnya masyarakat akan aset yang dimiliki berupa tanaman lidah buaya yamg dapat dikelola menjadi suatu produk yang inovatif serta kreatif dan menjadi produk yang memiliki nilai jual berupa sabun mandi. Selain itu masyarakat juga mendapatkan tambahan pemasukan dari hasil penjualan produk tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Milati, Rodhi'atulrodhiatulmilati6@gmail.comB92216118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaris, Achmad Murtafiamharis05@gmail.com2004037002
Subjects: Lingkungan Hidup
Pemberdayaan
Keywords: Membangun ekonomi kreatif; Aset; Pembuatan sabun
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rodhiatul Milati
Date Deposited: 14 Aug 2020 12:16
Last Modified: 14 Aug 2020 12:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42400

Actions (login required)

View Item View Item