Peningkatan hasil belajar Mufradhat materi ta’aruf mata pelajaran bahasa arab menggunakan strategi index card match siswa kelas IV SD Islam Maryam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnamasari, Santri (2020) Peningkatan hasil belajar Mufradhat materi ta’aruf mata pelajaran bahasa arab menggunakan strategi index card match siswa kelas IV SD Islam Maryam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Santri Purnamasari_D97216079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV C SD Islam Maryam Surabaya pada materi Ta’aruf. Berdasarkan data kegiatan prasiklus dapat diketahui dari 30 siswa hanya 6 siswa yang mencapai ketuntasan. Persentase ketuntasan hasil belajar yang diperoleh hanya 13,33% dengan rata-rata 46,33. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran strategi index card match pada siswa kelas IV C SD Islam Maryam Surabaya. (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar mufradhat yang didapat oleh siswa setelah melakukan pembelajaran strategi index card match pada siswa kelas IV C SD Islam Maryam Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis S, yang terdiri dari 5 tahapan, diantaranya adalah pencarian fokus masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/pengumpulan data, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi index card match pada materi ta’aruf pada siswa kelas IV C SD Islam Maryam Surabaya telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I yaitu 63,20 , siklus II menjadi 86,40. Sedangkan untuk hasil observasi aktivitas siswa meningkat dari siklus I yaitu, 60,00 dan siklus II menjadi 76,80. (2) Peningkatan hasil belajar materi ta’aruf setelah diterapkannya strategi index card match dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar yang diperoleh pada prasiklus 20,00% dengan rata-rata 46,33. Untuk siklus I meningkat menjadi ketuntasan belajar 60,00% dengan rata-rata 58,03. Siklus II meningkat menjadi ketuntasan belajar 86,66% dengan rata-rata 74,00.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnamasari, Santrisantri.uinsasby@gmail.comD97216079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Index Card Match; Bahasa Arab; Mufradhat.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SANTRI PURNAMASARI
Date Deposited: 14 Aug 2020 11:47
Last Modified: 14 Aug 2020 11:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42412

Actions (login required)

View Item View Item