Implementasi buku materi Bahasa Arab-Inggris dalam pembelajaran bahasa pada anak usia dini kelompok A di KB-RA. Perwanida Ketintang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abror, Alfian Nuril Laily (2020) Implementasi buku materi Bahasa Arab-Inggris dalam pembelajaran bahasa pada anak usia dini kelompok A di KB-RA. Perwanida Ketintang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfian Nuril Laily Abror_D98216024.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi buku materi Bahasa Arab-Inggris dalam pembelajaran bahasa pada anak usia dini Kelompok A di KB-RA. Perwanida Ketintang Surabaya. Selain itu, penelitian ini untuk mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan buku materi Bahasa Arab-Inggris dalam pembelajaran bahasa pada anak usia dini Kelompok A di KB-RA. Perwanida Ketintang Surabaya. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan credibility, transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran secara outdoor learning. Siswa diminta untuk mendengarkan dan memperhatikan guru ketika mencontohkan kosakata atau kalimat yang sedang dipelajari. Siswa dapat melihat dan merespon penjelasan ketika guru memberi pertanyaan kepada semua siswa, siswa menjawab pertanyaan guru secara bersama-sama dengan menggunakan Bahasa Arab atau Inggris. Kegiatan tersebut dilakukan secara berulang-ulang agar siswa terbiasa mendengar kosakata atau kalimat yang sedang dipelajari. Kemudian, guru menunjuk salah satu siswa secara bergantian untuk melakukan reinforcement dengan cara menanyakan kepada siswa tentang bahasa yang dipelajari hari ini. Kelebihan buku materi Bahasa Arab-Inggris dalam pembelajaran bahasa pada anak usia dini kelompok A adalah sebagai berikut: siswa dapat menambah kosakata atau kalimat dalam bahasa Bahasa Arab dan Inggris, dapat meningkatkan motivasi anak untuk belajar, berisi materi pembelajaran yang menarik, memberikan kemudahan bagi guru, buku ini disusun berdasarkan kebutuhan anak usia dini, berisi ilustrasi yang dapat menarik, mencermati aspek linguistik dan berisi teks bacaan yang diajarkan yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Sedangkan kelemahan buku ini belum ada evaluasi/penilaian secara tertulis untuk siswa, cara menyajikannya tidak dilengkapi dengan media, siswa tidak bisa mengulang materi pembelajaran di rumah menggunakan buku ini dan beberapa siswa masih ada yang kurang konsentrasi atau fokus saat pembelajaran berlangsung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abror, Alfian Nuril Lailyalfiannuril65@gmail.comD98216024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyai'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Implementasi; Buku Materi; Bahasa Arab; Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Alfian Nuril Laily Abror
Date Deposited: 14 Aug 2020 07:54
Last Modified: 14 Aug 2020 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42415

Actions (login required)

View Item View Item