Peningkatan kompetensi sikap sopan santun dan percaya diri melalui metode Talking Stick materi Akhlak Terpuji siswa Kelas III A di MI Islamiyah Sumberwudi Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahmad, Icca Aurell Putri Nur (2020) Peningkatan kompetensi sikap sopan santun dan percaya diri melalui metode Talking Stick materi Akhlak Terpuji siswa Kelas III A di MI Islamiyah Sumberwudi Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel SUrabaya.

[img] Text
Icca Aurell Putri Nur Ahmad_D07216017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya sikap percaya diri dan sopan santun siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi akhlak terpuji, hal ini disebabkan karena metode yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran dikelas masih belum menjadikan siswa aktif dan belum mampu membentuk sikap sopan santun dan sikap percaya diri siswa. Berdasarkan hasil wawancara pada prasiklus prosentase ketuntasan nilai sikap percaya diri siswa hanya 41,4% (sangat kurang) dan untuk prosentase ketuntasan nilai sikap sopan santun hanya 47,0% (sangat kurang).Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui penerapan metode Talking Stick dalam meningkatkan kompetensi sikap sopan santun dan percaya diri materi akhlak terpuji siswa kelas III A di MI Islamiyah Sumberwudi Lamongan. 2) Untuk mengetahui peningkatan kompetensi sikap sopan santun dan percaya diri melalui metode Talking Stick materi akhlak terpuji siswa kelas III A di MI Islamiyah Sumberwudi Lamongan. Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin dengan subjek penelitian 17 siswa dan tempat penelitian di sekolah MI Islamiyah Sumberwudi Lamongan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dimana pada setiap siklusnya terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan metode talking stick dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai di setiap siklusnya, pada siklus I skor aktivitas guru 75 kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88, sedangkan pada skor observasi aktifitas siswa pada siklus I 76 kemudian pada s iklus II mengalami peningkatan menjadi 86. 2) Sikap percaya diri dan sopan santun siswa kelas III A MI Islamiyah Suberwudi Lamongan mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode talking stick, hal tersebut dapat dilihat pada nilai siswa disetiap siklusnya. Prosentase ketuntasan nilai sikap percaya diri siswa sebelum melakukan siklus adalah 41,4% meningkat menjadi 70,5% pada siklus I kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 82%. Untuk prosentase ketuntasan nilai sopan santun siswa sebelum siklus mencapai 47,0% meningkat menjadi 64,7% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 82% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahmad, Icca Aurell Putri Nuriccaaurell@gmail.comD07216017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir_uban@yahoo.com2022076802
Thesis advisorSihabuddin, Sihabuddinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Peningkatan sikap sopan santun; percaya diri; akhlak terpuji; metode talking stick
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Icca Aurell Putri Nur Ahmad
Date Deposited: 14 Aug 2020 08:15
Last Modified: 14 Aug 2020 08:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42419

Actions (login required)

View Item View Item