Perencanaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) domestik Central Processing Plant (CPP) Gundih PT. Pertamina EP Asset 4 Cepu Field

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanuranti, Aviandini Galih (2020) Perencanaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) domestik Central Processing Plant (CPP) Gundih PT. Pertamina EP Asset 4 Cepu Field. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aviandini Galih Hanuranti_H05216005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Central Processing Plant (CPP) Gundih merupakan salah satu fasilitas pengolahan gas alam PT. Pertamina EP Asset 4 Cepu Field dari strukrur Kedungtuban, Randublatung, dan Kedunglusi. Selain kegiatan pemrosesan gas, di CPP Gundih juga terdapat kegiatan operasional. Kegiatan produksi dari sumur gas menghasilkan air terproduksi yang kemudian akan di injeksi kembali ke sumur injeksi. Sementara itu, untuk kegiatan operasional menghasilkan air limbah yang berasal dari kegiatan domestik (perkantoran) oleh 161 pekerja/hari. Kuantitas air limbah domestik 21,896 m3/hari dengan kualitas Biological Oxygen Demand (BOD), Chemical Oxygen Demand (COD), dan Total Suspended Solid (TSS) adalah 9,8 mg/L, 100 mg/L, dan 33 mg/L. Air limbah domestik berupa grey water dan black water saat ini ditampung dalam tangki septik. Air limpasan dari tangki septik dialirkan melalui saluran drainase tanpa pengolahan. Perlu direncanakan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) domestik yang tepat yaitu menggunakan unit biofilter anaerob-aerob. Biaya yang dibutuhan untuk pembangunan IPAL domestik ini adalah Rp. 13.590.441,80-.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanuranti, Aviandini Galihaviandinigh@gmail.comH05216005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPribadi, Arqowiarqowi.pribadi@uinsby.ac.id2003018701
Thesis advisorNengse, Sulistiyasulistiya703@gmail.com20160332
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Perencanaan; Instalasi pengolahan air limbah domestik; CPP Gundih
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Aviandini Galih Hanuranti
Date Deposited: 14 Aug 2020 15:54
Last Modified: 14 Aug 2020 15:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42423

Actions (login required)

View Item View Item