Fitoremediasi menggunakan melati air (echinodorus palaefolius) untuk menurunkan logam besi (Fe)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmawati, Dania (2020) Fitoremediasi menggunakan melati air (echinodorus palaefolius) untuk menurunkan logam besi (Fe). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dania Rachmawati_H75216028.pdf

Download (8MB)

Abstract

Besi (Fe) merupakan logam berat essensial dimana logam berat ini masih memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup hewan dan tumbuh-tumbuhan namun apabila logam ini memiliki kadar yang tinggi di lingkungan dapat bersifat toksik. Untuk itu diperlukan upaya penanganan guna mengurangi toksisitas dari logam Besi (Fe), salah satunya dalam penelitian ini menggunakan proses fitoremediasi dengan sistem batch dengan tanaman melati air (Echinodorus palaefolius). Penelitian dilaksanakan secara eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui perubahan morfologi melati air selama fitoremediasi, perbedaan jumlah tanaman dalam menurunkan logam berat Besi (Fe) dan nilai efisiensi removal logam Besi (Fe). Penelitian menggunakan 3 reaktor yang berukuran panjang 35cm, lebar 15cm dan tinggi 20cm. Logam berat Besi (Fe) artifisial dibuat dengan melarutkan serbuk FeSO4.7H2O menggunakan aquades dengan konsentrasi 15,17 mg/L. Hasil Penelitian menunjukkan seluruh daun tanaman melati air selama uji fitoremediasi mengalami gejala klorosis dan tumbuh daun baru. Pada penelitian ini tidak ada perbedaan yang nyata (signifikan) pada variasi jumlah 0, 6, dan 9 tanaman melati air yang telah diterapkan pada penelitian ini untuk penyerapan zat pencemar besi (Fe). Nilai efisiensi tertinggi pada reaktor 1 di hari pengambilan sampel ke-9 sebesar 27% pada reaktor 2 (6 tanaman) mencapai nilai tertinggi pada hari pengambilan sampel ke-6 sebesar 98% dan di reaktor 3 (9 tanaman) mencapai nilai tertinggi pada hari pengambilan sampel ke-6 sebesar 99,4%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmawati, Daniarachmawatidania24@gmail.comH75216028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuprayogi, Dedydsuprayogi@uinsby.ac.id0711125102
Thesis advisorMunfarida, Ida-198411302015032001
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Fitoremediasi; Melati air (echinodorus palaefolius); Logam besi (Fe)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: dania dania rachmawati
Date Deposited: 14 Aug 2020 14:25
Last Modified: 14 Aug 2020 14:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42427

Actions (login required)

View Item View Item