Aplikasi regresi logistik ordinal untuk menganalisa pengaruh pelayanan di fakultas sains dan teknologi terhadap kepuasan mahasiswa fakultas saintek UINSA Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadifah, Imroatun (2020) Aplikasi regresi logistik ordinal untuk menganalisa pengaruh pelayanan di fakultas sains dan teknologi terhadap kepuasan mahasiswa fakultas saintek UINSA Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Archive
Imroatun Nadifah_H72216032.zip

Download (11MB)
[img] Text
Imroatun Nadifah_H72216032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kualitas suatu perguruan tinggi sangat ditentukan oleh mutu pelayanan yang diberikan. Pelayanan yang bermutu dapat diidentifikasi dari kepuasan pelanggan yang dalam hal ini adalah mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui layak atau tidak regresi logistik ordinal digunakan dalam penelitian, mengetahui persamaannya, mengetahui aspek-aspek pelayanan yang mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa di Fakultas Sains dan Teknologi UINSA Surabaya, dan mengetahui seberapa besar variabel independen dapat mempengaruhi variabel dependen. Data penelitian didapat dengan cara membagikan kuesioner kepada 304 responden di Fakultas Sains dan Teknologi UINSA Surabaya pada jam kuliah dengan atribut-atribut yang dianalisis yaitu 3 variabel independen yaitu aspek administrasi, aspek pengajaran, dan aspek sarana dan prasarana serta 1 variabel dependen yaitu kepuasan mahasiswa secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regresi logistik ordinal dan persamaannya layak digunakan, variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa di Fakultas Sains dan Teknologi UINSA Surabaya adalah aspek administrasi, aspek sarana prasarana, dan aspek sarana prasarana. Model regresi logistik ordinal aspek administrasi, aspek pengajaran, dan aspek sarana prasarana mempengaruhi penilaian kepuasan mahasiswa secara keseluruhan sebesar 81,5%. Hasil uji odds ratio didapatkan peluang tertinggi mahasiswa merasa puas pada aspek sarana prasarana sebesar 188,29 kali. Persamaan regresi logistiknya adalah sebagai berikut:
(1) = (exp⁡(17,886+3,388X_1+3,883X_2+5,238X_3)/(1+exp⁡(17,886+3,388X_1+3,883X_2+5,238X_3 )
(2) = (exp⁡(32,266+3,388X_1+3,883X_2+5,238X_3)/(1+exp⁡(32,266+3,388X_1+3,883X_2+5,238X_3 )

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadifah, Imroatunimroatun.nadifah.98.in@gmail.comH72216032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIntan, Putroue Keumalaputroue@uinsby.ac.id0728058802
Subjects: Matematika
Keywords: kepuasan mahasiswa; regresi logistik ordinal; odds ratio.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Imroatun Nadifah
Date Deposited: 14 Aug 2020 23:26
Last Modified: 14 Aug 2020 23:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42428

Actions (login required)

View Item View Item