Peningkatan hasil beajar tema 5 subtema 2 materi Pahlawan Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IV-a MINU Aaru 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Miftaqul (2020) Peningkatan hasil beajar tema 5 subtema 2 materi Pahlawan Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IV-a MINU Aaru 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftaqul Jannah_D97216112.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan yang dialami siswa kelas IV-A MINU Waru 1 Sidoarjo dalam hasil belajar mata pelajaran tematik materi Pahlawan Indonesia, data yang diperoleh menunjukkan bahwa dari 30 siswa hanya 15 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sedangkan 15 siswa yang lainnya memperoleh nilai di bawah KKM. Diharapkan model pembelajaran kooperatif tipet team games tournament (TGT) mampu memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar materi Pahlawan Indonesia mata pelajaran Tematik. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games turnament (TGT), dalam meningkatkan hasil belajar materi pahlawan Indonesia mata pelajaran Tematik pada siswa kelas IV-A MINU Waru I Sidoarjo, 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar materi pahlawan Indonesia mata pelajaran Tematik pada siswa kelas IV-A MINU Waru I Sidoarjo melalui model pembelajaran kooperatif tipe team games turnament (TGT). Metode penelitian yang dilakukan, yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Model Kemmis dan Mc.Taggart. Dalam setiap siklus terdapat empat tahapan antara lain: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini, yaitu siswa kelas IV-A MINU Waru 1 Sidoarjo yang terdiri dari 30 siswa. Tindakan yang dilaksanakan adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan hasil belajar temtik materi Pahlawan Indonesia. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi tes tulis, dan unjuk kerja. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT bisa diterapkan dengan baikhal ini dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 77,5 (Cukup baik) dan siklus II 84 (Baik). Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I mencapai 77,2 (Cukup baik) dan pada siklus II mencapai 87 (Baik). 2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (TGT), nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,5 (Baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,46 (Sangat Baik). Dan Pada siklus I mata pelajaran IPS siswa memperoleh nilai rata-rata 78,76 (Baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,5 (Sangat Baik). Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mata pelajaran Bahasa Indonesia mengalami peningkatan dari 20 siswa yang tuntas dengan persentase 66,66% menjadi 24 siswa yang tuntas dengan persentase sebesar 85,46% pada siklus II. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mata pelajaran IPS mengalami peningkatan dari 19 siswa yang tuntas dengan persentase 63,33% menjadi 25 siswa yang tuntas dengan persentase sebesar 83,33% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Miftaqulmiftaquljannah06@gmail.comD97216112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin_ftkuinsa2014@yahoo.com2006067301
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar; Tematik Pahlawan Indonesia; Model Pembelajaran Tipe TGT.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miftaqul Jannah
Date Deposited: 15 Aug 2020 11:09
Last Modified: 15 Aug 2020 11:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42446

Actions (login required)

View Item View Item