Pengembangan profesionalisme guru di Sekolah Dasar Islam Insan Kamil Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Devi, Putri Ayu Kusuma (2020) Pengembangan profesionalisme guru di Sekolah Dasar Islam Insan Kamil Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
PUTRI AYU KESUMA D D03216029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul pengembangan profesionalisme guru di SD Islam Insan Kamil Tuban. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai program pengembangan profesionalisme guru di SD Islam Insan Kamil Tuban, peran kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru di SD Islam Insan Kamil Tuban, dan dampak pengembangan profesionalsime guru terhadap mutu pengajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan penelitian deskriptif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan peneliti melalu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan dilapangan menunjukan bahwa : 1) program pengembangan profesionalisme guru di SD Islam insan Kamil Tuban yaitu program pelatihan berbasis komputer, program MGMP, dan supervisi pendidikan. Kepala sekolah juga sebagai penentu kebijakan disekolah yang harus memfungsikan perannya secara maksimal oleh karena itu kepala sekolah memiliki peran sebagai educator, manajerial, administrator, supervisor, leader, motivator,inovator. Dalam hal ini sangat berdampak pada mutu pengajaran di SD Islam Insan Kamil Tuban Guru yang profesional seharusnya memiliki keempat kompetensi yang sudah ditetapkan dalam peraturan menteri pendidikan nasional No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi akademik dan kompetensi guru, yang terdiri atas kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Devi, Putri Ayu Kusumaayuputri420@gmail.comD03216029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorMustofa, Aliali_mustofa76@yahoo.co.id2025127601
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: pengembangan profesionalisme guru.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: PUTRI AYU KESUMA DEVI
Date Deposited: 15 Aug 2020 04:12
Last Modified: 15 Aug 2020 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42451

Actions (login required)

View Item View Item