Fitoremediasi total dissolve solid pada limbah cair industri menggunakan melati air (Echinodorus Paleafolius) dengan sistem resirkulasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Darma, Andre Puji (2020) Fitoremediasi total dissolve solid pada limbah cair industri menggunakan melati air (Echinodorus Paleafolius) dengan sistem resirkulasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andre Puji Darma_H05216004.pdf

Download (4MB)

Abstract

Total padatan terlarut (TDS) merupakan padatan yang terlarut dengan ukuran lebih kecil dari padatan tersuspensi dan dapat menimbulkan masalah pada ekosistem perairan dan juga dapat berbahaya pada manusia jika terkonsumsi. Tujuan pada penelitian dilakukan dengan eksperimental yaitu melakukan uji fitoremesiasi TDS dengan sistem resirkulasi dengan menggunakan variasi jumlah tanaman melati air (Echinodorus palaefolius), variasi 4 tanaman (x1), variasi 7 tanaman (x2), dan variasi 10 tanaman (x3) guna mengetahui kempampuan removal TDS pada masing-masing variasi tanaman, mengetahui adanya perbedaan kemampuan removal TDS dan mengetahui kondisi rata-rata ph dan suhu.Penelitian ini menggunakan limbah kawasan industri SIER-PIER dengan konsentrasi TDS awal 2540 mg/L pada masing-masing reaktor. Metode penelitian ini bersifat eksperimental dengan analisa data secara kuantitatif. Hasil dari proses uji fitoremediasi selama 6 hari dengan sistem resirkulasi yaitu, reaktor uji x1 adalah 2085 mg/L, reaktor uji x2 adalah 1898 mg/L, dan x3 adalah 1685 mg/L. Dari hasil analisa efisiensi removal TDS oleh tanaman menunjukkan bahwa perbedaan jumlah tanaman berhubungan dengan meremoval kadar TDS. Perubahan fisiologis yang terjadi pada tanaman pada uji fitoremediasi yaitu perubahan warna pada batang, daun, dan akar. Dengan hasil uji statistik menggunakan kruskal wallis dengan hasil 0,006 sehingga H0 ditolak maka ada perbedaan kemampuan removal antara-masing masing perlakuan. Dengan hasil rata-rata pengamatan pada parameter pendukung ph sebesar 8,6 dan pada suhu 30,5C.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Darma, Andre Pujiapd.darma@gmail.comH05216004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuprayogi, Dedydsuprayogi@uinsby.ac.id0711125102
Thesis advisorMunfarida, IdaUNSPECIFIED198411302015032001
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Fitoremediasi; TDS, Sistem resirkulasi; Melati air.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Andre Darma
Date Deposited: 15 Aug 2020 07:14
Last Modified: 15 Aug 2020 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42453

Actions (login required)

View Item View Item