Penerapan metode outdoor study untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris pada siswa kelas III MI Da’watul Khoir Drenges Kertosono Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

'Ulya, Alfi Rahmatin (2020) Penerapan metode outdoor study untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris pada siswa kelas III MI Da’watul Khoir Drenges Kertosono Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfi Rahmatin 'Ulya_D07216005.pdf

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris kelas III-B MI Da’watul Khoir Drenges Kertosono Nganjuk masih kurang maksimal, hal ini dibuktikan dari hasil tes performance harian siswa dengan ketuntasan belajar 24% (sangat kurang). Untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa, peneliti mengambil tindakan melalui Metode Outdoor Study, yang dilakukan dalam dua siklus. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Mengetahui penerapan Metode Outdoor study pada peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris materi Daily Activities pada siswa kelas III MI Da’watul Khoir Kertosono Nganjuk. 2) Mengetahui peningkatan keterampilan berbahasa Inggris Daily Activities pada siswa kelas III MI Da’watul Khoir Nganjuk setelah menggunakan metode Outdoor Study. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Kurt Lewin yang terdiri atas empat langkah pokok, yaitu: 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III-B MI Da’watul Khoir Nganjuk dengan jumlah 25 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes tulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode outdoor study pada mata pelajaran Bahasa Inggris dapat berjalan dengan lancar. hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 76,3 dan pada siklus II meningkat menjadi 91,6. Hasil skor observasi aktivitas siswa dari siklus I 73,4 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,8. 2) Peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Inggris menggunakan metode outdoor study hal ini dapat dilihat darinilai rata-rata kelas siswa dari siklus I yaitu 69,8, meningkat pada siklus II menjadi 82,4 serta pada siklus I presentase ketuntsan hasil belajar siswa sebesar 36% jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 84%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
'Ulya, Alfi Rahmatinalfimalik929@gmail.comD07216005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uin2020027701
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode outdoor; Keterampilan berbicara; Bahasa Inggris; Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ALFI RAHMATIN ULYA
Date Deposited: 15 Aug 2020 11:43
Last Modified: 15 Aug 2020 11:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42470

Actions (login required)

View Item View Item