Pengaruh Self-efficacy, Social Support, dan Academic Flow Terhadap Kecemasan Matematika pada Siswa Program Sistem Kredit Semester (SKS) dan Siswa Regular

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Herawati, Mutia (2020) Pengaruh Self-efficacy, Social Support, dan Academic Flow Terhadap Kecemasan Matematika pada Siswa Program Sistem Kredit Semester (SKS) dan Siswa Regular. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mutia Herawati_J71216072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kecemasan matematika merupakan syndrome psikologis yang ditandai rasa takut, khawatir, dan cemas akan belajar matematika, terjadi pada semua jenjang pendidikan dengan menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang paling sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy, social support, dan academic flow secara bersama terhadap kecemasan matematika pada siswa program SKS dan program regular. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Menggunakan 4 alat ukur skala psikologi yaitu skala kecemasan matematika, skala self-efficacy, skala social support, dan skala academic flow. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 167 siswa sekolah MAN 1 Mojokerto dan MAN 1 Jombang sebagai sampel. Ada empat macam instrumen yang digunakan yaitu self-efficacy, social support, dan academic flow yang dibuat oleh peneliti. Hasil penelitian menunujukkan bahwa pengaruh self-efficacy, social support, dan academic flow masing-masing berpengaruh signifikan terhadap kecemasan matematika. Demikian pula terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama antara self-efficacy, social support, dan academic flow terhadap kecemasan matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Herawati, Mutiamutiah505@gmail.comJ71216072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Abdulabdulmuhid@uinsby.ac.id2005027501
Subjects: Psikologi
Psikologi > Kecemasan
Psikologi Belajar
Keywords: self-efficacy; social support; academic flow; dan kecemasan matematika.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: mutia herawati
Date Deposited: 16 Aug 2020 02:43
Last Modified: 16 Aug 2020 02:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42473

Actions (login required)

View Item View Item