Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan hasil belajar materi KPK dan FPB mata pelajaran Matematika pada peserta didik kelas IV MI At-Tauhid Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najib, Muhammad Ainun (2020) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan hasil belajar materi KPK dan FPB mata pelajaran Matematika pada peserta didik kelas IV MI At-Tauhid Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ainun Najib_D97216114.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi KPK dan FPB mata pelajaran Matematika. Hasil penilaian harian materi KPK dan FPB menunjukkan bahwa peserta didik yang memenuhi ketuntasan minimal hanya sebesar 27,58%. Proses pembelajaran yang berlangsung selama ini lebih cenderung menggunakan metode konvensional, sehingga hasil belajar peserta didik menjadi kurang maksimal. Maka dari itu upaya yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achivement Division pada mata pelajaran Matematika materi KPK dan FPB pada peserta didik kelas IV MI At-Tauhid Surabaya? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar materi KPK dan FPB mata pelajaran Matematika pada peserta didik kelas IV MI At-Tauhid Surabaya melalui model kooperatif tipe Student Teams Achivement Division?.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV MI At-Tauhid Surabaya yang terdiri dari 29 peserta didik. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus, dalam setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achivement Division pada materi KPK dan FPB dapat terlaksana dengan baik. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 76,25 (Cukup) dan meningkat menjadi 91,66 (Sangat Baik) pada siklus II. Sedangkan hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 80,88 (Baik) dan meningkat menjadi 93,05 (Sangat Baik) pada siklus II. 2) Hasil belajar peserta didik pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada tahap prasiklus memperoleh persentase ketuntasan 27,58% (Kurang Sekali) dengan nilai rata-rata 57,38, meningkat pada siklus I menjadi 65,51% (Cukup) dengan nilai rata-rata 71,24, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,75% (Baik) dengan nilai rata-rata 83,72.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najib, Muhammad Ainunainunnajib2450@gmail.comD97216114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, BahriBahri.musthofa@gmail.com2022077302
Thesis advisorWakhidah, NurNurwe@rocketmail.com2015127201
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model Kooperatif tipe Student Teams Achivement Division; Peningkatan Hasil Belajar; Materi KPK dan FPB .
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Najib Muhammad Ainun
Date Deposited: 15 Aug 2020 11:32
Last Modified: 15 Aug 2020 11:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42475

Actions (login required)

View Item View Item