Peningkatan pemahaman Al-Qur'an hadits materi hukum bacaan Idgham dan Iqlab melalui model pembelajaran kooperatif tipe learning together siswa kelas IV MI Mujahidin Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habibah, Dwi Nur (2020) Peningkatan pemahaman Al-Qur'an hadits materi hukum bacaan Idgham dan Iqlab melalui model pembelajaran kooperatif tipe learning together siswa kelas IV MI Mujahidin Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Nur Habibah_D07215010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa kelas IV pada materi hukum bacaan idgham dan iqlab. Salah satu penyebabnya yaitu guru menggunakan model pembelajaran yang kurang variatif, guru biasanya hanya menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi. Model pembalajaran alternatif yang dipilih untuk mengatasi permasalahan ini yakni menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe learning together sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan idgham dan iqlab. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe learning together untuk meningkatkan pemahaman materi hukum bacaan idgham dan iqlab pada siswa kelas IV MI Mujahidin Mojokerto; (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi hukum bacaan idgham dan iqlab setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe learning together pada siswa kelas IV MI Mujahidin Mojokerto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Mujahidin Mojokerto, yang berjumlah 30 peserta didik terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 18 peserta didik perempuan. Metode penelitian yang digunakan dalam dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe learning together dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi aktivitas guru meningkat dari nilai 77,08 (cukup) pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 89,58 (baik) pada siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa mendapatkan nilai akhir 83,33 (baik) pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 91,66 (sangat baik) pada siklus II; (2) peningkatan pemahaman siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe learning together meningkat dari 23, 3% peserta didik yang tuntas pada prasiklus, pada siklus I meningat menjadi 70% (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 83,06% (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habibah, Dwi Nurdwinurhabibah997@gmail.comD07215010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Thesis advisorNadlir, Nadlir-2022076802
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Pemahaman; Materi Hukum Bacaan Idgham dan Iqlab; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dwi Nur habibah
Date Deposited: 16 Aug 2020 04:16
Last Modified: 16 Aug 2020 04:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42477

Actions (login required)

View Item View Item