Peningkatan keterampilan berbicara bahasa arab melalui model cooperative learning tipe talking stick pada siswa kelas IV MIN 1 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikriyah, Firda (2020) Peningkatan keterampilan berbicara bahasa arab melalui model cooperative learning tipe talking stick pada siswa kelas IV MIN 1 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firda Fikriyah_D07216014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas IV-E MIN 1 Surabaya. Hal ini bisa dibuktikan dengan hasil dokumentasi nilai siswa selama proses pembelajaran, nilai yang diperoleh dari 22 siswa hanya 8 siswa yang dapat mencapai nilai di atas KKM dengan persentase ketuntasan sebesar 36,36%. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa maka peneliti akan menerapkan model cooperative learning tipe talking stick. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan model cooperative learning tipe talking stick dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab pada siswa kelas IV-E MIN 1 Surabaya dan (2) Mengetahui peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab setelah diterapkan model cooperative learning tipe talking stick pada siswa kelas IV-E MIN 1 Surabaya. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model dari Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang mana setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, meliputi: 1) Perencanaan (planning), 2) Tindakan (acting), 3) Pengamatan (observing) dan, 4) Refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, penilaian unjuk kerja (performance), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab pada siswa kelas IV-E MIN 1 Surabaya dapat terlaksana dengan baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 80,20 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi 94,79 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa memperoleh nilai 77,08 pada siklus I dengan kriteria cukup meningkat menjadi 92,70 pada siklus II dengan kriteria sangat baik. (2) Keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas IV-E MIN 1 Surabaya mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal tersebut dapat dibuktikan dari persentase siswa yang mencapai ketuntasan, pada pra siklus memperoleh persentase ketuntasan sebesar 36,36% (sangat kurang) pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan sebesar 68,18% (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 86,36% (baik). Dan nilai rata-rata kelas, pada pra siklus memperoleh 68,9 pada siklus I memperoleh 77,72 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,45.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikriyah, Firdafikriyah.firda98@gmail.comD07216014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, ZumrotulUNSPECIFIED197010151997032001
Thesis advisorRusydiyah, Evi FatimaturUNSPECIFIED197312272005012003
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Keterampilan Berbicara; Model Cooperative Learning tipe Talking Stick.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Firda Fikriyah
Date Deposited: 16 Aug 2020 05:47
Last Modified: 16 Aug 2020 05:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42483

Actions (login required)

View Item View Item