Pengaruh kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap Burnout guru sekolah dasar fullday

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Firman Widya (2020) Pengaruh kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap Burnout guru sekolah dasar fullday. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firman Widya Putra_J01216013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Buronut adalah ketegangan psikis yang ditandai dengan kelalahan emosi, dipersonalisasi dan rendahnya penghargaan terhadap diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap burnout pada guru sekolah dasar fullday. Rancangan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif korelasional dengan melibatkan 87 guru sekolah dasar fullday di Kecamatan Sukodono sebagai sampel. Penarikan sampel menggunakan quota sampling. Ada tiga macam instrumen yang digunakan yaitu maslach burnout intentory (MBI), emotional intelligence questionnarire (EI), dan multidimensional scale of perceived social support (MSPSS). Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan emosional dan dukungan sosial masing-masing menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap terbentuknya burnout. Demikian pula dengan kecerdasan emosional dan dukungan sosial yang secara bersama-sama juga berpengaruh terhadap burnout.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Firman Widyafirmanwp007@gmail.comJ01216013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Lufiana Harnanylufiana.harnany@uinsby.ac.id.com1975603372009122001
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi Kerja
Keywords: burnout; kecerdasan emosional; dukungan sosial.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Firman Widya Putra
Date Deposited: 16 Aug 2020 03:12
Last Modified: 16 Aug 2020 03:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42484

Actions (login required)

View Item View Item