Peningkatan pemahaman materi khitan melalui model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada siswa kelas V-b MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanifah, Ira Dewi (2020) Peningkatan pemahaman materi khitan melalui model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada siswa kelas V-b MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ira Dewi Hanifah_D07216018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Fikih di kelas V-B MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan masih kurang maksimal, hal ini dibuktikan dari hasil tes ulangan harian dari 17 siswa hanya 4 siswa yang mampu mencapai nilai KKM dalam materi “Khitan” dengan persentase 23,53% (sangat kurang). Untuk meningkatkan pemahaman materi Khitan, peneliti mengambil tindakan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, yang dilakukan dalam dua siklus.Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan pemahaman mata peljaran fikih materi khitan pada siswa kelas V-B MI Islamiyah Sunberwudi Karanggeneng Lamongan, 2) Mengetahui peningkatan pemahaman mata pelajaran fikih materi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing kelas V-B MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri atas empat langkah pokok, yaitu : 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-B MI Islamiyah Sumberwudi Lamongan dengan jumlah 17 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes tulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Mata pelajarn Fikih dapat berjalan dengan lancar. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 72,41 dan pada siklus II meningkat menjadi 88,79. Hasil skor observasi aktivitas siswa dari siklus I 68,34 dan pada meningkat siklus II menjadi 88,34. 2) Peningkatan pemahaman melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Hal ini dapat dilihat nilai rata-rata kelas siswa dari siklus I yaitu 73, meningkat pada siklus II menjadi 85,88 pada siklus I serta persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus sebesar 52,94% jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 82,35%

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanifah, Ira Dewiiradewihanifa27@gmail,comD07216018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Adab
Keywords: Pemahaman; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing; Khitan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: IRA DEWI HANIFAH
Date Deposited: 16 Aug 2020 07:30
Last Modified: 16 Aug 2020 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42485

Actions (login required)

View Item View Item