Peningkatan pemahaman materi FPB dan KPK mata pelajaran matematika melalui model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization pada siswa kelas IV b MINU Berbek Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utomo, Musyarrofah Dwi (2020) Peningkatan pemahaman materi FPB dan KPK mata pelajaran matematika melalui model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization pada siswa kelas IV b MINU Berbek Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Musyarrofah Dwi Utomo_D07216027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman siswa pada materi FPB dan KPK mata pelajaran Matematika. Hal tersebut diketahui dari hasil wawancara dengan guru kelas yang juga pengampu mata pelajaran matematika pada tahap prasiklus, bahwa penggunaan metode pembelajaran matematika masih kurang bervariasi. Persentase ketuntasan pemahaman siswa pada materi FPB dan KPK sebesar 52,4% sedangkan 47,6% masih belum memenuhi ketuntasan pemahaman. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan pemahaman siswa yaitu melalui penerapan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization untuk meningkatkan pemahaman materi FPB dan KPK pada kelas IVB MINU Berbek Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi FPB dan KPK pada kelas IVB MINU Berbek setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization?.Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari enpat tahapan, yaitu; 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar observasi aktifitas guru dan siswa, lembar tes butir soal uraian serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terjadi peningkatan pada aktifitas guru dan siswa. Aktifitas guru pada siklus I yaitu 78,9 menjadi 93,05 pada siklus II. Sedangkan aktifitas siswa pada siklus I yaitu 80,5 menjadi 93,05 pada siklus II. 2) Pemahaman siswa pada materi FPB dan KPK melalui model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) mengalami peningkatan, dapat dilihat dari perolehan persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 66,6% meningkat menjadi 85,71% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utomo, Musyarrofah Dwimusyauinsa@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uins2020027701
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwe@rocketmail.com2015127201
Subjects: Pendidikan
Keywords: Peningkatan Pemahaman; Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization; Materi FPB dan KPK Mata Pelajaran Matematika.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: musya dwi utomo
Date Deposited: 17 Aug 2020 23:29
Last Modified: 18 Aug 2020 06:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42496

Actions (login required)

View Item View Item