Peningkatan pemahaman tema 7 subtema 1 materi Perubahan Wujud Benda melalui model kooperatif tipe Jigsaw pada siswa Kelas V-B MIN 1 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afiati, Bintana (2020) Peningkatan pemahaman tema 7 subtema 1 materi Perubahan Wujud Benda melalui model kooperatif tipe Jigsaw pada siswa Kelas V-B MIN 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bintana Afiati_D07216007.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kurangnya pemahaman siswa kelas V-B MIN 1 Kota Surabaya pada tema 7 subtema 1 materi perubahan wujud benda. Terbukti dari hasil nilai ulangan harian yang masih banyak mendapatkan nilai di bawah KKM karena model pembelajaran yang digunakan kurang menarik. Oleh karena itu, peneliti melakukan upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan menerapkan model kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan dilakukannya penelitian yaitu: 1) mengetahui penerapan model kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan pemahaman pada tema 7 subtema 1 materi perubahan wujud benda pada siswa kelas V-B MIN 1 Kota Surabaya, 2) mengetahui peningkatan pemahaman siswa pada tema 7 subtema 1 materi perubahan wujud benda setelah diterapkan model kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas V-B MIN 1 Kota Surabaya. Model penelitian yang dilakukan menggunakan PTK dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dan empat tahapan di setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V-B MIN 1 Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) penerapan model kooperatif tipe Jigsaw dilakukan dengan baik, terbukti dari hasil observasi aktivitas guru siklus I mendapat skor 83,3 (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 92,2 (sangat baik), aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor 81,1 (cukup) dan meningkat pada siklus II 87,7 (baik). 2) Peningkatan pemahaman siswa menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw mengalami peningkatan dengan presentase ketuntasan siswa pada siklus I hanya 72,2% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 88,8% (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afiati, Bintanaafiati62@gmail.comD07216007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwe@rocketmail.com2015127201
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Keywords: Peningkatan Pemahaman; Model Kooperatif tipe Jigsaw; Materi Perubahan Wujud Benda
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: bintana afiati
Date Deposited: 16 Aug 2020 14:59
Last Modified: 17 Aug 2020 02:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42513

Actions (login required)

View Item View Item