Analisis keberadaan lailatul qadar dari sudut pandang matematis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Effendi, Sriyanto (2020) Analisis keberadaan lailatul qadar dari sudut pandang matematis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sriyanto Effendi_H72215024 .pdf

Download (1MB)

Abstract

Lailatul Qadar sampai sekarang masih menjadi misteri yang belum terpecahkan mengingat banyak sekali pendapat yang berbeda terkait dengan turunnya Lailatul Qadar. Ada sebagian yang mengatakan bahwa Lailatul Qadar turun sejak awal ramadhan, ada juga yang menyatakan Lailatul Qadar ada di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhanbahkan ada yang berpendapat bahwa lailatul qodar diturunkan pada hari-hari ganjil di sepuluh akhir bulan ramadhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan 10 hari akhir bulan Ramadhan dan 20 hari di awal Ramadhan. Data yang digunakan yaitu data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas 1 Juanda Surabaya dengan variabel Suhu Udara, Kelembaban Udara, Intensitas Cahaya Matahari yang diuji dengan uji mann whitney. Hasil penelitian menunjukkantidak ada perbedaan suhu udara, kelembaban udara,intensitas cahaya matahari antara 10 hari akhir bulan Ramadhan dan 20 hari di awal Ramadhan begitu juga pada malam ganjil dan genap pada 10 hari terakhir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Effendi, Sriyantomohammadfarhan287@yahoo.comH72215024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHafiyusholeh, Moh.hafiyusholeh@gmail.com2004028001
Subjects: Matematika
Keywords: Lailatul Qadar; Uji Mann Whitney.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Sriyanto Effendi
Date Deposited: 16 Aug 2020 21:14
Last Modified: 16 Aug 2020 21:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42516

Actions (login required)

View Item View Item