Peningkatan hasil belajar Al-Quran Hadits materi mari mengenal surah al-'alaq melalui model pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas V MIN 1 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahriyah, Kholifatus (2020) Peningkatan hasil belajar Al-Quran Hadits materi mari mengenal surah al-'alaq melalui model pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas V MIN 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
KHOLIFATUS SYAHRIYAH_D07216021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena pembelajaran di kelas masih dikategorikan kurang baik yang masih berpusat pada guru. guru kesulitan memilih model, metode maupun media yang sesuai untuk digunakan pada mata pelajaran Al-Quran Hadits. Siswa sangat kurang antusias saat mengikuti pembelajaran. Permasalahan tersebut berpengaruh pada nilai hasil belajar siswa yang pada pembelajaran sebelumnya ketuntasan belajarnya sebesar 41,66%. Oleh karena itu peneliti melakukan usaha perbaikan melalui penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Tujuan dari penelitian : 1) Untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar Al-Quran Hadits Materi Mari Mengenal Surah Al-‘Alaq pada siswa kelas V-B MIN 1 Kota Surabaya. 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Al-Quran Hadits materi Mari Mengenal Surah Al-‘Alaq setelah diterapkan model pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas V-B MIN 1 Kota Surabaya. Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap yaitu : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B MIN 1 Kota Surabaya yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, unjuk kerja, diskusi kelompok dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran Jigsaw mampu meningkatkan aktivitas guru pada siklus I yaitu 79,80 (Baik) dan meningkat menjadi 91,96 (Baik Sekali) pada siklus II. Hasil nilai aktivitas siswa pada siklus I yaitu 71,87 (Cukup) dan meningkat menjadi 88,88 (Baik Sekali) pada siklus II. 2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran Jigsaw yang ditandai dengan peningkatan presentase ketuntasan tes tulis pada siklus I adalah63,88% (cukup) pada siklus II menjadi 88,88% (Sangat Baik). Sedangkan presentase ketuntasan Performance siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I adalah 77,77% (Baik) dan pada siklus II menjadi 91,66% (Baik Sekali). Serta presentase ketuntasan Diskusi kelompok juga mengalami peningkatan pada siklus I adalah 66,66% (Cukup) dan pada siklus II menjadi 94,44% (Baik Sekali).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahriyah, Kholifatuskholifatussyahriyah17@gmail.comD07216021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir_uban@yahoo.com2022076802
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kholifatus Syahriyah
Date Deposited: 16 Aug 2020 11:43
Last Modified: 16 Aug 2020 11:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42518

Actions (login required)

View Item View Item