Peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita dalam pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun datar melalui model polya pada siswa kelas IV MI Hidayatus Shibyan Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afianah, Vina Nur (2020) Peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita dalam pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun datar melalui model polya pada siswa kelas IV MI Hidayatus Shibyan Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vina Nur Afianah_D07216041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita di kelas IV MI Hidayatus Shibyan Gresik. Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita materi luas dan keliling bangun datar. Beberapa faktor yang menjadikan permasalahan siswa tidak mampu menyelesaikan soal cerita yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melakukan penyelesaian masalah serta mengaitkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan model Polya dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita materi luas dan keliling bangun datar pada siswa kelas IV MI Hidayatus Shibyan Gresik. 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan model Polya dalam pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun datar pada siswa kelas IV MI Hidayatus Shibyan Gresik. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Hidayatus Shibyan Gresik yang terdiri dari 20 siswa. Tindakan yang dilakukan adalah menerapkan model Polya. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model Polya telah dilakukan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai pada aktivitas guru pada siklus 1 adalah 70,58 (Cukup) kemudian dengan adanya perbaikan pada kinerja guru hasilnya meningkat menjadi 86,84 (Sangat Baik) pada siklus II. Begitupula dengan hasil perolehan pada aktivitas siswa yang mendapat nilai sebesar 61,67 (Rendah) mengalami peningkatan menjadi 80,56 (Baik) pada siklus II. 2) Data hasil tes pada siklus I mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita yaitu 75 (Cukup) dan nilai persentase ketuntasan kelas mencapai 60%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan lagi dengan nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita yaitu 85 (Baik) dan nilai persentase ketuntasan kelas mencapai 85%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afianah, Vina Nurvinaafianah12@gmail.comD07216041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Muhammad Bahribahri.musthofa0072022077302
Thesis advisorWakhidah, NurNurwe@rocketmail.com2015127201
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita; Luas dan Keliling Bangun Datar; Model Polya.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Vina Nur Afianah
Date Deposited: 16 Aug 2020 07:02
Last Modified: 16 Aug 2020 07:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42522

Actions (login required)

View Item View Item