Peningkatan pemahaman kosakata Bahasa Inggris materi nama-nama benda alam sekitar melalui media flash card siswa kelas II MIN 1 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damayanti, Alfi Dwi (2020) Peningkatan pemahaman kosakata Bahasa Inggris materi nama-nama benda alam sekitar melalui media flash card siswa kelas II MIN 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
ALFI DWI DAMAYANTI_D07216004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa pada pembelajaran bahasa Inggris materi nama-nama benda alam sekitar kelas II E MIN 1 Kota surabaya. Hal ini dapat diketahuin dari jumlah 40 siswa, hanya 18 siswa yang mendapat nilai tuntas, sedangkan 22 siswa lainnya belum tuntas. Media Flash Card ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui langkah-langkah kegiatan yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penggunaan media Flash Card untuk meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Inggris materi nama-nama benda alam sekitar kelas II E MIN 1 Kota Surabaya. 2) Mengetahui peningkatan pemahaman kosakata bahasa Inggris materi nama-nama benda alam sekitar kelas II E MIN 1 Kota Surabaya dengan menggunakan media Flash Card. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model PTK Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian terdiri dari 40 siswa kelas II E MIN 1 Kota Surabaya. Dalam tindakan ini peneliti menggunakan dua siklus (siklus I dan siklus II). Pada teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, penilaian tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media Flash Card pada materi nama-nama benda alam sekitar mata pelajaran bahasa Inggris dilakukan 2 siklus. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I dengan nilai 79,3 (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 95,6 (sangat baik). Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I dengan nilai 79,2 (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 94,4 (sangat baik). Adapun peningkatan persentase ketuntasan pemahaman siswa pada pra siklus dengan nilai 45% (sangat kurang), siklus I dengan nilai 65% (kurang baik) dan siklus II dengan nilai semakin meningkat menjadi 90% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damayanti, Alfi Dwialfidwidamayantiuinsa@gmail.comD07216004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Pemahaman, Bahasa Inggris; Media Flash Card
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ALFI DWI DAMAYANTI
Date Deposited: 16 Aug 2020 11:29
Last Modified: 16 Aug 2020 11:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42528

Actions (login required)

View Item View Item