Analisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam pembelajaran MID (Meaningful Instructional Design) dibedakan dari self efficacy

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro, Arrisalatuz (2020) Analisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam pembelajaran MID (Meaningful Instructional Design) dibedakan dari self efficacy. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arrisalatuz Zahro_D04215005.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis dibutuhkan peserta didik dalam menyampaikan gagasan atau ide-ide matematika baik secara lisan maupun tertulis. Kemampuan komunikasi matematis peserta didik dapat didukung dengan pembelajaran yang menarik di kelas dan tergantung pada dimensi self efficacy peserta didik. Salah satunya yaitu menggunakan pembelajaran MID. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran MID bagi peserta didik yang berada pada dimensi magnitude, strength, dan generality, serta keterlaksanaan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran MID. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan observasi. Kegiatan penelitian dilaksanakan di kelas VII D SMP Negeri 25 Surabaya. Seluruh peserta didik diberikan angket pengelompokkan dimensi self efficacy kemudian dibentuk 6 kelompok yang homogen berdasarkan dimensi self efficacy untuk dilakukan pembelajaran matematika materi himpunan dengan pembelajaran MID. Subjek yang diamati lebih mendalam saat pembelajaran adalah 6 subjek terpilih yang sesuai dengan angket dan rekomendasi guru berdasarkan keaktifan peserta didik sehari-hari pada saat pembelajaran matematika. asing-masing subjek terdiri 2 peserta didik yang berada pada dimensi magnitude, strength, dan generality. Data hasil tertulis dianalisis dari soal yang dikerjakan peserta didik pada tahap production pembelajaran MID, sedangkan data hasil observasi berupa lembar hasil pengamatan oleh dua observer selama proses pembelajaran MID. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada dimensi magnitude, strength, dan generality dalam pembelajaran MID (Meaningful Instructional Design) berada pada kategori baik. Hal ini tampak dari terpenuhinya 5 kategori mampu dalam indikator kemampuan tulis dan semua indikator kemampuan lisan pada peserta didik berdimensi magnitude, 6 kategori mampu dalam indikator kemampuan tulis dan semua indikator kemampuan lisan pada peserta didik berdimensi strength serta terpenuhinya semua kategori mampu dalam indikator kemampuan tulis dan kemampuan lisan pada peserta didik berdimensi generality. Untuk keterlaksanaan sintak pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran MID memperoleh rata-rata nilai persentase sebesar 94% yang termasuk kategori sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro, ArrisalatuzRisazahro28@gmail.comD04215005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Pendidikan > Komunikasi
Keywords: Dimensi Self Efficacy; Kemampuan Komunikasi Matematis; Pembelajaran MID (Meaningful Instructional Design)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Arrisalatuz Zahro
Date Deposited: 16 Aug 2020 16:30
Last Modified: 16 Aug 2020 16:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42531

Actions (login required)

View Item View Item