Peningkatan keterampilan bercerita melalui pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intelellectually (SAVI) berbantuan media boneka tangan pada siswa kelas II-A MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Devi Qurroti (2020) Peningkatan keterampilan bercerita melalui pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intelellectually (SAVI) berbantuan media boneka tangan pada siswa kelas II-A MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
DEVI QURROTI AINI_D07216008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami siswa kelas II-A MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng dalam ketrampilan bercerita dongeng binatang (fabel). Data yang diperoleh menunjukkan bahwa dari 20 siswa hanya 8 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sedangkan 12 siswa yang lainnya memperoleh nilai di bawah KKM. Pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intelellectually (Savi) Berbantuan Media Boneka Tangan diharapkan mampu memperbaiki dan meningkatkan keterampilan bercerita siswa. Masalah pada penelitian ini, yaitu: 1) Penerapan Pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intelellectually (Savi) Berbantuan Media Boneka Tangan dalam meningkatkan keterampilan bercerita dongeng binatang (fabel). , 2) Peningkatan keterampilan bercerita dongeng binatang (fabel) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II-A MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan setelah penerapan Pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intelellectually (Savi) Berbantuan Media Boneka Tangan. Metode penelitian yang dilakukan, yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin. Dalam setiap siklus terdapat empat tahapan antara lain: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini, yaitu siswa kelas II-A MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan yang terdiri dari 20 siswa. Tindakan yang dilaksanakan adalah penerapan strategi Pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intelellectually (Savi) Berbantuan Media Boneka Tangan untuk meningkat keterampilan bercerita dongeng siswa kelas II-A MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes unjuk kerja (performance). Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa : 1) Penerapan Pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intelellectually (Savi) Berbantuan Media Boneka Tangan mampu meningkatkan aktivitas guru pada siklus I mencapai 73,3 (cukup baik) dan siklus II 95 (Sangat Baik). 2) hasil observasi siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I mencapai 70 (cukup baik) dan pada siklus II mencapai 81,6 (Sangat Baik). 3) Sebelum menggunakan Pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intelellectually (Savi) Berbantuan Media Boneka Tangan , rata-rata nilai siswa adalah 60,25. Setelah dilakukan penerapan Pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intelellectually (Savi) Berbantuan Media Boneka Tangan nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 76,3 (Baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,85 (Baik). Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan dari 13 siswa yang tuntas dengan persentase 65% (Cukup) menjadi 17 siswa yang tuntas dengan persentase sebesar 85% (Baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Devi Qurrotiqurrotidepi@gmail.comD07216008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJauharoti, Alvinalfin_ftkuinsa2014@gmail.com2006067301
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pendekatan Somatic; Auditory; Visualization; Intelellectually (Savi;, Boneka Tangan; Bercerita, Dongeng.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Devi Qurroti Aini
Date Deposited: 17 Aug 2020 12:13
Last Modified: 17 Aug 2020 12:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42533

Actions (login required)

View Item View Item