Peningkatan hasil belajar materi hukum bacaan mim sukun mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui strategi true or false pada siswa kelas VA MINU Berbek Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisaidzdzakiroh, Nurun (2020) Peningkatan hasil belajar materi hukum bacaan mim sukun mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui strategi true or false pada siswa kelas VA MINU Berbek Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
NURUN NISAIDZDZAKIROH_D07216032..pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penulisan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terhadap materi hukum bacaan mim sukun pada pelajaran Al-Qur’an Hadits. Pada pembelajaran ini siswa masih belum dapat membedakan dan menunjukkan contoh terhadap hukum bacaan mim sukun. Siswa tidak fokus dan ramai sendiri ketika diberi penjelasan oleh guru di kelas. Sehingga siswa mendapatkan nilai dibawah KKM ketika diberi latihan soal oleh guru. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi true or false dalam meningkatkan hasil belajar materi hukum bacaan mim sukun mata pelajaran Al-Qur’an Hadits bagi kelas VA MINU Berbek Waru Sidoarjo?, 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dalam materi hukum bacaan mim sukun mata pelajaran Al-Qur’an Hadits setelah diterapkannya strategi true or false bagi siswa kelas VA MINU Berbek Waru Sidoarjo?. Penelitian ini menggunakan merode penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Kewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Subjek peneltian adalah siswa kelas VA MINU Berbek Waru Sidoarjo yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes, unjuk kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan strategi true or false dalam penelitian ini terjadi peningkatan nilai dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 83,3 dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 93,7. Pada aktivitas siswa pada siklus I yaitu 88,7 dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 96,2. 2) Peningkatan Hasil Belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya strategi true or false yang ditandai dengan peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I yaitu 60,8% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 86,9%, disebutkan juga pada nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 72,0 dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 84,3.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisaidzdzakiroh, Nurunidznissa@gmail.comD07216032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDNadlir, Nadlirnadlir_uban@yahoo.com2022076802
UNSPECIFIEDTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil Belajar; Materi hukum bacaan mim sukun; strategi true or false.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NURUN NISAIDZDZAKIROH
Date Deposited: 16 Aug 2020 13:11
Last Modified: 16 Aug 2020 13:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42534

Actions (login required)

View Item View Item