Khasiat buah Kurma bagi ibu bersalin dalam Alquran: studi analisis surah Maryam ayat 25 perspektif Mustafa al Maraghi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muyassaroh, Muyassaroh (2020) Khasiat buah Kurma bagi ibu bersalin dalam Alquran: studi analisis surah Maryam ayat 25 perspektif Mustafa al Maraghi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muyassaroh_E03215035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sripsi yang berjudul “Khasiat Buah Kurma Bagi Ibu Bersalin Dalam Alquran (Studi Analisis Surah Maryam Ayat 25 Perspektif Mustafa Al-Maraghi)” merupakan penelitian pustaka untuk menjawab pertanyaan tentang, 1) Bagaimana tafsir surah Maryam ayat 25 terkait buah kurma menurut Mustafa al-Maraghi, 2) Bagaimana khasiat buah kurma bagi ibu bersalin dalam Alquran dan relevansinya dengan konteks penelitian terkini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu penelitian yang menggunakan data-data dari Alquran, kitab dan buku-buku yang sesuai dengan permasalahan yang dikaji. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dikarenakan penelitian yang bersifat verbal serta memberikan penjelasan secara sistematis fakta dan karakteristik objek penelitian secara cermat. Data yang dihasilkan menunjukkan bahwa Imam al-Maraghi menafsirkan kurma pada surah Maryam sebagai pohon kurma yang berbuah seketika dan seketika itu juga matang. Hal tersebut merupakan keajaiban kekuasaan Tuhan yang dipersembahkan untuk Maryam saat hendak melahirkan. Keberadaan buah kurma yang matang diperuntukkan agar dimakan Maryam untuk memperlancar persalinan dari organ dalam. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasar penafsiran al-Maraghi terkait khasiat buah kurma sangat sesuai dengan konteks penelitian terkini yang menyatakan bahwa buah kurma memiliki berbagai macam khasiat seperti: Sebagai anti toksin, Mengatasi demam berdarah, Anti tifus, Anti kanker, Mencegah pendarahan rahim, Memperlancar persalinan. Buah kurma merupakan buah yang sangat diistimewakan dalam Alquran bahkan dari berbagai hadist, penafsiran serta konteks penelitian modern menyatakan bahwa kurma memiliki banyak khasiat yang luar biasa khususnya bagi ibu bersalin. Sehingga konsumsi buah kurma sangat diperlukan oleh masing-masing individu khususya bagi ibu bersalin untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta memperlancar proses persalinan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muyassaroh, Muyassarohmuyassaroh28@gmail.comE03215035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIffah, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id2013076901
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Kurma; Penelitian Modern; Ibu Bersalin; Manfaat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Muyas saroh
Date Deposited: 18 Aug 2020 11:15
Last Modified: 18 Aug 2020 11:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42554

Actions (login required)

View Item View Item