Konsep keluarga sakinah dalam al-qur’an kajian tafsir tematik menurut penafsiran Muhammad Sayyid Tantawi dalam karyanya Al-Tafsir Al-Wasit Li Al-Qur’an Al-Karim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najah, Hawin Uswatun (2016) Konsep keluarga sakinah dalam al-qur’an kajian tafsir tematik menurut penafsiran Muhammad Sayyid Tantawi dalam karyanya Al-Tafsir Al-Wasit Li Al-Qur’an Al-Karim. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hawin Uswatun Naja_F05214070.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tesis ini berusaha merumuskan konsep keluarga sakinah dalam al Quran dengan mengambil penafsiran dari kitab Tafsir al-wasi>t} karya Muh}ammad Sayyid T{ant}awi. Penelitian ini merupakan penelitian tematik maknawi dengan mengumpulkan ayatayat al-Qur’an yang mengarah pada pembahasan keluarga sakinah. Sakana dengan berbagai bentuknya diungkap sebanyak sebanyak 69 kali dalam 66 ayat dalam al-Qur’an. di antaranya tergolong makiyah dan sebagian yang lain tergolong Madaniyah. Sakana yang pada kata dasarnya berupa ”sa ka na” mempunyai makna tenang yang nanti akan berkembang sebagai makna tempat tinggal. Tetapi dalam al-Qur’an hanya ada tiga ayat yang berkaitan dengan pembahasan keluarga sakinah. Kedua makna tersebut saling berhubungan hingga selanjutnya dapat memberi pengertian yang sesuai. Selain kata sakinah, dalam tesis ini juga membahas kata yang identik dan masih berhubungan dengan kata sakinah. Terdapat banyak penafsiran yang diberikan oleh Sayyid Tantawi yang beliau juga mengambil penafsiran dari ulama-ulama lain seperti al-Razi, al-Alusi, al-Qurtuby maupun Ibn Kathir. Namun, penafsiran tersebut dapat dibahas secara tematik dan muqaran. berdasarkan tertib nuzul sesuai dengan karya Izzah darwazah. Kemudian dikonfirmasikan dengan karya Fu’ad Abd al Baqi’ untuk mengetahui satuan Makiyah dan Madaniyah dengan tanpa mengabaikan tinjauan dari mufassir yang lain. Tesis ini memakai metode penelitian kualitatif sehingga data yang didapat sesuai dengan kenyataan dilapangan melalui kajian library reseach. Kajian sakinah dalam al Quran tersebut dapat menghasilkan sebuah konsep keluarga sakinah yang konprehensip sehubungan dengan eksistensi serta aplikasi yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dalam menghadapi era globalisasi. Mencangkup panfsiran para ulama’nya. Karakteristik keluarga Sakinah yang muncul dari penafsiran yang ada, globalisasi sebagai ancaman dan tantangan bagi terbentuknya keluarga sakinah disertai dengan solusi dan urgensi keluarga sakinah alam menghadapi era globalisasi tersebut. Sungguhpun kajian keluarga sakinah telah diungkap sedemikian rupa, namun masih banyak celah-celah yang menuntut adanya pengembangan kajian. Selain ayat yang banyak sehingga tidak menutup kemungkinan terdapat banyak ayat yang tidak terbahas secara menyeluruh serta tidak menutup kemungkinan mengkaji ayat-ayat keluarga sakinah dan konsep keluarga sakinah dengan penafsir dalam bidang dan sudut pandang kecenderungan yang lain. Sehingga sangat mungkin untuk mengembangkan penelitian berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najah, Hawin Uswatunhawinannaja@gmail.comF05214070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAswadi, Aswadiaswadi.syuhadak@gmail.com196004121994031001
Subjects: Keluarga > Keluarga Islam
Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hawin Uswatun Najah
Date Deposited: 17 Aug 2020 11:56
Last Modified: 17 Aug 2020 11:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42555

Actions (login required)

View Item View Item