Peningkatan pemahaman materi tema 3 subtema 1 pembelajaran 2 melalui media mock-up sistem pencernaan manusia pada siswa kelas V b SD Bahrul Ulum Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajriyah, Iftah Nurul (2020) Peningkatan pemahaman materi tema 3 subtema 1 pembelajaran 2 melalui media mock-up sistem pencernaan manusia pada siswa kelas V b SD Bahrul Ulum Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iftah Nurul Fajriyah_D97216107.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya pemahaman siswa pada tema 3 subtema 1 pembelajaran 2 materi tentang bagaimana tubuh mengolah makanan kelas V-B SD Bahrul Ulum Surabaya melatar belakangi penelitian ini. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas dipaparkan informasi bahwa media pembelajaran yang digunakan selama ini masih terbatas, sehingga peneliti melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran mock-up. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penggunaan media mock-up sistem pencernaan manusia dalam meningkatkan pemahaman konsep materi tema 3 subtema 1 pembelajaran 2 pada siswa kelas V-B SD Bahrul Ulum Surabaya. 2) hasil penggunaan media mock-up sistem pencernaan manusia dalam meningkatkan pemahaman konsep materi tema 3 subtema 1 pembelajaran 2 pada siswa kelas V-B SD Bahrul Ulum Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B SD Bahrul Ulum Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes tulis pemahaman siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penggunaan media mock-up sistem pencernaan manusia pada pembelajaran tematik tema 3 subtema 1 pembelajaran 2 dapat terlaksana dengan baik. Dibuktikan dengan hasil aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 77 dengan kualifikasi cukup, meningkat pada siklus II dengan nilai 86 dengan kualifikasi baik. Sedangkan pada siklus I aktivitas siswa memperoleh nilai 75 dengan kualifikasi cukup, mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai 83 dengan kualifikasi baik. 2) pemahaman siswa pada pembelajaran tematik tema 3 subtema 1 pembelajaran 2 mengalami peningkatan didukung dengan tes tulis dengan 17 soal pilihan ganda dan 3 soal uraian. Peningkatan tersebut juga terlihat dari hasil pra siklus hingga siklus II. Hasil persentase ketuntasan pemahaman siswa pada tahap prasiklus yaitu 24%, meningkat pada siklus siklus I yaitu 64% dengan kualifikasi cukup, dan meningkat pada siklus II yaittu 82% dengan kualifikasi baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajriyah, Iftah Nuruliftah.nurul84@gmail.comD97216107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwe@rocketmail.com2015127201
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Materi tema 3 subtema 3 pembelajaran 2; Media Mock-up
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: iftah nurul fajriyah
Date Deposited: 17 Aug 2020 11:47
Last Modified: 17 Aug 2020 11:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42573

Actions (login required)

View Item View Item