Penggunaan media flash card slide dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris materi let's play and do sport pada siswa kelas III MINU Waru 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Insaniyah, Izzatul (2020) Penggunaan media flash card slide dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris materi let's play and do sport pada siswa kelas III MINU Waru 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izzatul Insaniyah_D97216110.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami siswa kelas III-C MINU Waru 1 Sidoarjo dalam keterampilan berbicara bahasa Inggris. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa dari 28 siswa terdapat 12 siswa yang memperoleh nilai KKM. Dengan adanya penggunaan media Flash Card Slide diharapkan mampu meningkatkan keterampulan berbicara bahasa Inggris siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penggunaan media Flash Card Slide dalam meningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris pada siswa kelas III MINU Waru I Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris pada siswa kelas III setelah menggunakan media Flash Card Slide di MINU Waru 1 Sidoarjo?.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin. Pada setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III-C MINU Waru 1 Sidoarjo yang terdiri dari 28 siswa. Tindakan yang dilaksanakan adalah penggunaan media Flash Card Slide untuk meningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris Materi Let’s Play and Do Sport. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan penilaian non tes. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa 1) Penggunaan media Flash Card Slide telah dilaksanakan dengan baik. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 70 (Baik) dan siklus II 90 (Sangat Baik). Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I mencapai 71 (Baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 91 (Sangat Baik). 2) Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris setelah menggunakan media Flash Card Slide pada siklus I mengalami peningkatan dari 12 siswa menjadi 17 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM dengan prosentase ketuntasan belajar siswa sebesar 60,71% (Cukup Baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 82,14% (Baik) dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa. Sebelum penggunaan media Flash Card Slide, rata-rata nilai siswa adalah 64,28 (Cukup Baik). Setelah dilakukan penggunaan media Flash Card Slide nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 70,17 (Baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 83,92 (Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Insaniyah, Izzatulizatulins29@gmail.comD97216110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab@gmail.com2020027701
Subjects: Anak
Bahasa Inggris
Guru
Keywords: Flash card slide; Ketrampilan berbicara; Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Izzatul Insaniyah
Date Deposited: 17 Aug 2020 11:48
Last Modified: 17 Aug 2020 11:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42575

Actions (login required)

View Item View Item