Pemanfaatan eceng gondok untuk memberdayakan ekonomi masyarakat di Desa Bulubrangsi Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permay, Octaviany (2020) Pemanfaatan eceng gondok untuk memberdayakan ekonomi masyarakat di Desa Bulubrangsi Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Octaviany Permay_B02216044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Desa Bulubrangsi memiliki aset alam berupa eceng gondok yang tumbuh di sungai-sungai kecil yang ada di desa ini. Selain itu, masyarakat Desa Bulubrangsi juga memiliki keterampilan dalam membuat kerajinan. Pendampingan ini menggunakan pendekatan berbasis aset yang biasa dikenal dengan sebutan ABCD (Asset Bassed Community Development). ABCD merupakan pendekatan yang mengutamakan pemanfaatan aset atau potensi yang dimiliki masyarakat dan yang ada di sekitar mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghubungkan antara aset dan harapan yang diinginkan. Subjek pendampingan ini adalah kelompok bunga teratai. Konsep pemberdayaan ini melihat gelas setengah terisi dan fokus pada isinya. Penelitian ini memfokuskan pada keunggulan aset yang ada di Desa Bulubrangsi, strategi masyarakat dalam pemanfaatan aset eceng gondok dan hasil dari pendampingan masyarakat dalam pemanfaatan aset eceng gondok. Analisis keberhasilan program pada penelitian ini menggunakan tabel perubahan. Dari pendampingan yang dilakukan terdapat beberapa perubahan yaitu kelompok mampu mengorganisir dirinya sendiri, kelompok mampu mengolah dan memanfaatkan aset eceng gondok, kelompok menyadari akan adanya aset dan potensi yang mereka miliki dan anggota kelompok tidak bergantung pada penghasilan suami.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permay, Octavianyoctavianypermay18@gmail.comB02216044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThayib, Thayibsyarifthayib@gmail.com19701116199903001
Subjects: Ekonomi
Lingkungan Hidup
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; eceng gondok; kemandirian ekonomi kelompok bunga teratai.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Octaviany Permay Octa
Date Deposited: 17 Aug 2020 05:27
Last Modified: 15 Sep 2020 09:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42584

Actions (login required)

View Item View Item