Evaluasi kualitas pelayanan publik pada kecamatan di Surabaya Selatan berdasarkan tingkat kepuasan masyarakat dengan menggunakan Fuzzy Multicriteria Decision Making (FUZZY MCDM)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nida, Diniya Khansa (2020) Evaluasi kualitas pelayanan publik pada kecamatan di Surabaya Selatan berdasarkan tingkat kepuasan masyarakat dengan menggunakan Fuzzy Multicriteria Decision Making (FUZZY MCDM). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
DINIYA KHANSA_H72216050.pdf

Download (24MB)

Abstract

Pelayanan publik adalah salah satu upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terkait barang dan jasa. Salah satu jenis pelayanan terpenting dalam pelayanan publik adalah pelayanan administratif karena bergerak di bidang pencatatan sipil. Indonesia merupakan negara yang menerapkan otonomi daerah, dimana tujuan utamanya adalah memperbaiki kualitas pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat. Akan tetapi pengaduan terkait pelayanan publik masih sangat tinggi dan kota dengan pengaduan tertinggi di Jawa Timur adalah Surabaya. Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia dimana Surabaya Selatan adalah distrik terpadat pada tahun 2019 dengan tingkat kepadatan penduduk sebesar 12.299 jiwa/km2, wilayah ini memiliki kecamatan terbanyak di Kota Surabaya. Kepadatan yang tinggi menyebabkan menumpuknya pengurusan dokumen sipil di tingkat kecamatan. Hal ini harus diimbangi dengan evaluasi secara berkala untuk memperbaiki kualitas layanan. Penilitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan pada kecamatan di Surabaya Selatan dengan menggunakan metode Fuzzy Multicriteria Decision Making (Fuzzy MCDM). Tahapan metode ini terdiri atas Analytical Hierarchy Process (AHP), operasi logika fuzzy, dan Technique for Order Performance by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa kecamatan terbaik di Surabaya Selatan adalah Kecamatan Karang Pilang dengan aspek yang harus dievaluasi adalah kesesuaian waktu penyelesaian pelayanan, sedangkan hasil kecamatan terburuk adalah Kecamatan Sawahan dengan aspek yang harus dievaluasi adalah tersedianya media hiburan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nida, Diniya Khansadiniyakhansanida@gmail.comH72216050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Yuniaryuniar_farida@uinsby.ac.id2027057901
Subjects: Matematika
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Diniya Khansa Nida
Date Deposited: 16 Aug 2020 11:00
Last Modified: 16 Aug 2020 11:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42585

Actions (login required)

View Item View Item